Pengertian Siwak Dengan Berbagai Macam Manfaat

Manfaat siwak via shutterstock ala duniamasak

Miswak atau yang lebih dikenal dengan nama siwak adalah sebuah dahan dari pohon yang berguna untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut. Umumnya, semua jenis dahan pohon apa saja bisa digunakan untuk bersiwak yang penting memiliki tekstur lembut. Selain itu, dahan harus berfungsi dapat membersihkan gigi, berserat, dan bersifat basah. Siwak digunakan untuk membersihkan gigi karena diyakini mempunyai beraneka ragam kandungan alami yang bermanfaat seperti alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, fluoride, vitamin C, kalsium, sulfur, essential oil, dan tannin. Sebenarnya, apa manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut manusia? Yuk, cari tahu dalam artikel ini.

Manfaat Siwak

Manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut via freepik ala duniamasak
Manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut via freepik

Sejak dulu, siwak telah digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain halal, bahan ini juga memiliki banyak manfaat yang telah dibuktikan secara medis bahkan WHO telah menyetujui siwak sebagai agen oral hygen. Berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat siwak:

Baca lainnya  Wine Cooler GEA XW-85 Untuk Wine Segar dan Tahan Lama

Melindungi gusi

Jika rutin membersihkan gigi dengan siwak maka dipercaya dapat melindungi gusi. Siwak mampu mencegah pembentukan plak serta mencegah pertumbuhan bakteri di sela gigi dan gusi sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya radang gusi atau gingivitis.

Mencegah terbentuknya plak

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa siwak dapat membantu mencegah terbentuknya plak. Sisa makanan yang masih menempel di sela-sela gigi akan menumpuk dan membentuk plak. Sebenarnya, plak sangat mudah terbentuk jika malas menyikat gigi setelah makan. Plak dapat diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat merusak gigi. Untuk menghindarinya, tentu perlu membersihkan gigi dengan siwak. Kandungan silika dalam siwak mampu mencegah pembentukan plak gigi dan efektif dalam menghilangkan noda kuning di gigi.

Mencegah gigi berlubang

Tahukah bahwa ada fakta siwak yang dipercaya dapat mencegah gigi berlubang? Manfaat ini bisa diperoleh karena kandungan essential oil yang terkandung di dalam siwak. Cara penggunaannya agar berhasil adalah harus dikunyah terlebih dulu sehingga meningkatkan produksi air liur dalam mulut. Air liur yang dihasilkan bisa membantu menjaga keseimbangan pH dalam rongga mulut sehingga pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang dapat dicegah. Siwak pun diyakini dapat menghambat pengeroposan sehingga menjaga kesehatan gigi.

Baca lainnya  Sahabat Duma, Berikut Ini 5 Makanan Sunda yang Harus Kamu Cicipi!

Mencegah bau mulut

Selain mencegah gigi berlubang dan terbentuknya plak, siwak juga bermanfaat untuk mencegah bau mulut. Hal ini dikarenakan dahan siwak mengandung zat antibakteri alami yang dapat menghambat pertumbuhan kuman penyebab bau mulut. Biasanya, produk perawatan gigi yang menggunakan bahan dasar siwak akan dikombinasikan dengan daun mint sehingga dapat membantu menyegarkan napas.

Demikian manfaat siwak untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jika kesulitan mencari dahan siwak, tentu bisa menggunakan cara yang lebih mudah yaitu menggunakan pasta gigi yang mengandung siwak. Produk pasta gigi yang mengandung siwak juga bisa dicampurkan dengan ekstrak daun mint sehingga dapat membuat mulut lebih wangi dan segar.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!