Peralatan Katering Yang Diperlukan Untuk Pemula

Peralatan Katering Yang Diperlukan Untuk Pemula via Freepik ala tim duniamasak

Peralatan katering tentunya tidak asing bagi yang berkecimpung di dunia kuliner. Katering sering ditemui dalam berbagai acara seperti acara pernikahan, hajatan, dan lain-lain. Sebenarnya pengertian katering itu sendiri adalah bisnis jasa boga yang melayani makanan dan minuman dalam jumlah yang besar. Untuk makanan, katering bisa memilih banyak makanan dan tentunya dimasak oleh koki yang handal. Katering juga bisa dilakukan untuk bisnis harian seperti katering makanan rutin dikonsumsi pagi, siang, dan malam.

Sebagaimana yang kita ketahui, katering mempunyai berbagai macam jenis yaitu private katering, katering prasmanan, katering dine-in, katering nasi kotak, dan self service katering. Dari 5 jenis tersebut, bisnis katering yang paling sering dilakukan adalah katering prasmanan. Dengan omset puluhan bahkan ratusan juta rupiah yang bisa diraup untuk sekali masak saja, wow cukup mudah kan? Apakah Anda tertarik? Mungkin Anda berpikir modalnya harus besar, namun pada kenyataan kita tetap bisa memakai barang yang sudah ada dan tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dengan baik. Mari simak peralatan dasar yang dibutuhkan untuk memulai usaha bisnis katering ini:

Baca lainnya  Teknik Memanggang yang Harus Kamu Perhatikan

Piring dan Mangkuk

Piring dan mangkuk adalah wadah yang dijadikan alat makan dengan menempatkan makanan diatasnya. Produk ini adalah yang menunjang katering prasmanan karena piring dan mangkuk selalu dipakai oleh pengunjung sebagai alas makan selama acara berlangsung. Biasanya, piring dan mangkuk katering menggunakan bahan porselen, keramik, atau kaca.

Sendok dan Garpu

Peralatan katering Sendok Garpu via Duniamasak.com
Sendok Garpu via duniamasak.com

Sendok dan garpu merupakan sepasang alat makan yang tidak boleh dilewatkan karena ini juga penting untuk membantu kita dalam menyantap makanan. Ada beragam jenis bentuk dari sendok dan garpu, mulai dari yang berukuran kecil, sedang, dan besar. Fungsinya pun berbeda-neda, seperti sendok berukuran besar untuk menyendok sayur dari chafing dish ke piring, lalu ukuran sedang digunakan untuk makan nasi, untuk yang kecil dan bundar digunakan untuk menyantap sup, dan untuk yang lebih kecil lagi dipakai untuk memakan es krim. Begitupun juga dengan garpu, ada ukuran sedang yang dipakai untuk makan nasi dan ukuran kecil untuk menyantap kue.

Pemanas Makanan

Peralatan katering Pemanas Makanan Chafing Dish GETRA YF 723 KS via duniamasak.com
Pemanas Makanan Chafing Dish via duniamasak.com

Pemanas makanan (chafing dish) adalah nampan penyaji makanan sekaligus berfungsi untuk menjaga suhu makanan di dalamnya agar tetap hangat. Alat ini berguna sekali untuk menghangatkan makanan yang sudah dimasak karena jika dimasak setelah beberapa waktu yang lama maka suhunya akan menurun, jadi harus dimasukkan ke dalam peralatan yang bisa menjaga suhu makanan agar tetap bagus.

Baca lainnya  Apa Saja Perbedaan Jenis Kulkas? Kenali Perbedaannya!

Juice Dispenser

Peralatan katering Juice Dispenser MUTU SJD8 via duniamasak.com
Juice Dispenser via duniamasak.com

Juice dispenser adalah alat yang digunakan untuk menempatkan segala jenis minuman untuk mempermudah penyajian dengan cara tinggal ditekan tuasnya lalu air akan mengalir ke dalam gelas. Juice dispenser dapat diisi dengan berbagai macam minuman seperti jus jeruk, jus jambu, dan sebagainya.

Gelas

Peralatan katering Gelas LUMINARC Islande DOF 30CL via duniamasak.com
Gelas LUMINARC Islande DOF 30CL via duniamasak.com

Setelah makan, pasti para tamu ingin menghilangkan rasa haus yang ada di tenggorokan dengan meneguk air dan tentunya harus dengan alat bantu yaitu gelas. Seperti layaknya peralatan makan lain, gelas juga memiliki berbagai macam ukuran dan bentuk. Untuk gelas tamu, sebaiknya disama ratakan, namun berbeda jika ingin mengonsumsi wine, hendaknya memakai gelas champagne.

Untuk semua peralatan katering diatas, tentunya Anda bisa mendapatkan secara lengkap dan pasti berkualitas di www.duniamasak.com 🙂

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!