Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Kulkas, Bunda!

Share artikel ini:

Hallo sahabat duma! Menjadi seorang ibu yang sibuk memasak untuk keluarga tentu membutuhkan kulkas yang awet dan tak ingin salah memilih. Bagi kamu seseorang yang hobi memasak, tentu ingin menyimpan bahan makanan dalam kondisi terbaik. Kulkas atau lemari es merupakan salah satu item wajib di dapurmu nih. Namun, bagaimana sih cara memilih lemari es? Apa saja sih yang harus diperhatikan? Simak penjelasan DuniaMasak berikut ya!

1. Sesuaikan Jenis dan Ukuran Kulkas dengan Kebutuhan!

Kulkas Modena Esteso Via Duniamasak

Kamu harus menyesuaikan lemari es dengan luas di dapurmu. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan jumlah anggota keluargamu dengan kebutuhan harian untuk memasak. Sebaiknya mempertimbangkan berapa banyak makanan yang dibutuhkan untuk persediaan. Maka dari itu kamu juga harus menyesuaikan dengan seberapa besar lemari es-mu.

Lemari es standar biasanya berukuran antara 50 dan 70cm lebar, sementara lemari es bergaya Amerika lebih besar (berukuran sampai 90cm + lebar). Jika kamu ingin menyimpan sebagian besar makanan segar, pilih model dengan rasio lemari es / freezer yang lebih besar (split 70/30 atau 60/40).

Baca lainnya  Makanan Yang Enak Dikonsumsi Saat Musim Hujan

2. Pilih Kulkas dengan Proses Ketahanan Kesegaran Lebih Lama

Lemari es memang menjadi item dapur untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap awet dan tahan lama. Namun, kamu harus benar-benar memilih lemari es terbaik dengan tingkat ketahanan lebih lama. Demi kesegaran buah dan sayur yang terjaga,  tentu kamu bisa menghindari pemborosan.

Lemari es dengan ketahanan kesegaran lebih lama biasanya dilengkapi dengan teknologi Blue Light yang meniru sinar matahari. Lemari es model ini, biasanya juga dilengkapi dengan teknologi pendingin kembar yang menjaga mesin tetap pada tingkat kelembaban optimal. Dijamin, ikan atau daging-mu tetap segar.

3. Pilih Kulkas Model frost-free

Kulkas Freezer Upright Via Duniamasak

Kamu sering kesal jika ingin mencairkan freezer? Yap, sebab mencairkan freezer membutuhkan banyak waktu dan usaha. Kamu harus mengeluarkan semua makanan, menekan tombol freezer dan menunggu sampai es mencair sebelum membersihkannya. Pilihlah lemari es dengan model tanpa embun beku. Kamu tidak akan pernah kesulitan dengan embun es lagi. Meskipun lemari es dengan model tanpa embun beku sedikit lebih mahal daripada yang standar, namun lemari es ini mampu menghemat tagihan listrik.

Baca lainnya  Breakfast in Bed "Sehabis Gelap Terbitlah Terang Kejutan Spesial Untuk Pasangan ala Chef DuMa"

4. Pilih Kulkas dengan Dispenser dan Pembuat Es

Kulkas bisa menjadi item all in one untuk produk rumah tanggamu. Selain menghemat dana, kamu juga bisa membuat desain rumah jadi tidak terlalu penuh lagi. Sebab dengan kulkas all in one kamu bisa mempermudah segala keperluan rumah tanggamu. Meskipun, lagi-lagi harga yang ditawarkan untuk kualitas ini lebih mahal, namun jika dikalkulasikan kamu justru lebih hemat karena tidak perlu membeli dispenser dan mesin pembuat es lagi.

5. Pilih Kulkas Hemat Energi

Kulkas Modena Vasto via Duniamasak.com

Kulkas Modena Vasto via Duniamasak

Dengan segala kebutuhan fasilitas yang terpenuhi, kamu juga harus mempertimbangkan energi listrik. Tentu kamu tidak ingin pemborosan dalam pengeluaran bulanan rumah tangga bukan? Cara melihat lemari es-mu hemat energi adalah dengan melihat kode rating. Semua lemari es diberi peringkat antara A + dan A +++ dan semakin tinggi ratingnya, semakin baik. Meski model teratas jauh lebih mahal, kamu justru bisa menghemat tagihan energi dari waktu ke waktu lho!

Bagaimana sahabat duma? Cermat sebelum membeli yuk! 

Share artikel ini:

2 thoughts on “Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Kulkas, Bunda!”

  1. purwanto says:

    Terima kasih gan, semoga bermanfaat informasinnya

  2. Merlyn says:

    Nice tips kak. Btw, apa ada review produk kulkas / freezer yg bagus? thanks

Yuk bahas artikel ini!