Pilihan Blender yang Cocok untuk Rumah Tangga

pilihan blender rumah tangga via freepik ala tim duniamasak.com

Memiliki alat yang memudahkan pekerjaan rumah tangga memang sangat penting karena dapat menghemat waktu dan membuat pekerjaan lebih ringan. Seperti halnya memiliki blender, alat ini akan memudahkan kamu dalam membuat jus yang menyehatkan ataupun untuk menghaluskan bumbu yang menambah cita rasa pada makanan. Membeli blender tentunya tidak boleh sembarangan atau hanya melihat harganya saja, agar kamu tidak menyesal setelah membeli blender maka kamu wajib membaca artikel pilihan blender yang cocok untuk rumah tangga berikut ini.

Jenisโ€“jenis Blender

Pilihan Blender Rumah Tangga Electrolux via Duniamasak.com
Blender Rumah Tangga Electrolux via Duniamasak.com

Sebelum kamu membeli sebuah blender perlu diketahui bahwa sebenarnya blender memiliki beberapa jenis dan kegunaan yang berbeda. Hal ini tentunya dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam mengolah buah atau bahan makanan secara lebih spesifik dengan kebutuhannya.

Blender Konvensional

Pilihan Blender Rumah Tangga Miyako via Duniamasak.com
Blender Rumah Tangga Miyako via Duniamasak.com

Jika tidak salah jenis pilihan blender yang sering sekali kamu temui mungkin adalah blender konvensional atau dikenal dengan nama Stand Blender. Jenis ini bisa dibilang multifungsi, karena blender konvensional dapat digunakan untuk membuat jus, menghaluskan bumbu masakan hingga menghancurkan es batu. Namun dibalik semua kegunaannya, blender ini harus dibantu menggunakan air dan untuk bahan utuh juga masih harus dipotong terlebih dahulu untuk mempercepat penghalusannya. Jika hanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti menghaluskan bumbu atau membuatkan jus untuk keluarga, sebaiknya kamu memilih blender dengan jenis ini. Karena selain memiliki banyak fungsi blender konvensional juga mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau.

Baca lainnya  Kesalahan Fatal Menggunakan Kulkas Rumah Tangga

Personal Blender

Personal blender memiliki kemampuan memotong yang lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Bukan tidak beralasan tetapi karena personal blender hanya digunakan untuk membuat jus atau smootihe, sehingga kandungan vitamin dan serat pada buah tetap terjaga. Blender jenis ini biasanya memiliki bentuk yang ramping serta memiliki ukuran gelas yang memungkinkan penggunanya meminum jus di wadah yang sama. Karena hanya memiliki fungsi yang terbatas bukan berati blender ini tidak memiliki keistimewaan. Personal blender bisa kamu manfaatkan untuk membuka stand jus atau smoothie di depan rumah.

Hand Blender

Seperti sebutannya cara kerja blender ini adalah menghaluskan bahan secara manual menggunakan tangan. Untuk kegunaannya sendiri bisa untuk memotong sayur maupun buah, mencincangnya, ataupun membuatnya benar-benar halus. Pilihan blender ini cukup praktis untuk digunakan secara ย langsung, karena tidak membutuhkan mangkok penutup sehingga kamu bisa menghaluskan makanan sebanyak apapun kebutuhanmu. Tetapi karena tidak memiliki wadah, blender ini sering membuat bahan yang dipotong menjadi berhamburan. Sehingga kamu harus jeli dalam memilih blender yang bagus agar meja dapurmu tidak berantakan.

Baca lainnya  Icip Aneka Olahan Tahu Di Bandung

Food Processor

Sama halnya dengan stand blender, food processor merupakan jenis pilihan blender yang serbaguna. Bedanya blender ini lebih tangguh daripada blender konvensional yaitu dapat menggiling bahan apapun tanpa harus dibantu menggunakan air. Blender yang satu ini memang dikhususkan untuk membantu mengolah bahan makanan seperti mencincang daging, memotong sayur bertekstur keras secara utuh hingga membantu pengadukan adonan. Jika kamu berprofesi sebagai seorang koki atau aktif memasak di rumah maka kamu harus memilikinya.

Seperti itulah beberapa jenis blender dan kegunaannya, dan setiap blender memiliki fungsi yang berbeda. Untuk itulah dibutuhkan pertimbangan yang matang sebelum membelinya, agar blender yang kamu beli sesuai dengan kebutuhan. Sebagai tambahan saat membeli blender sebaiknya mengecek dulu name plate atau tulisan spesifikasinya. Karena jika watt pada blender lebih besar dari daya listrik di rumah maka kamu tidak bisa menggunakannya dengan bebas.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!