7 Tips Mengatur Pola Makan Sehat Sehari-hari

Pola Makan Sehat Bersama DuniaMasak via buyokproduction.ru

Soal gangguan kesehatan yang sering kali dialami oleh manusia semuanya berawal dari pola makan. Ya, sebab jika pola makan kita bermasalah penyakit akan mudah datang menghampiri. Banyak dari kita seringkali mengeluh kesulitan mengatur pola makan yang sehat. Sebenarnya jika kita rutin dan memahami tata cara yang benar, mengatur pola makan sehat bukanlah hal yang sulit lagi. Tim DuniaMasak akan berbagi tipsnya berikut ini.

Mengatur Pola Makan Sehat Bukanlah Hal yang Sulit

Pola makan sehat via warungmisterius.co.id

Pola makan sehat via warungmisterius.co.id

Mulai Merancang Pola Makan Sehat

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mulai menjadwalkan pola makan sehatmu. Usahakan konsisten dan patuh kepada jadwal yang telah kamu tentukan sendiri. Konsultasikan dengan dokter maupun pakar gizi juga merupakan solusi terbaik.

Karbohidrat

Meskipun kamu dalam keadaan diet sekalipun, faktanya, tubuh tetap membutuhkan karbohidrat untuk sumber tenaga lho! Saran terbaik untuk mengonsumsinya adalah memilih sumber karbohidrat berkadar glukosa rendah namun memiliki serat tinggi. Kandungan tersebut dapat ditemui pada beras merah dan gandum.

Baca lainnya  Ide Kreatif: 8 Buah-buahan yang Cocok Disandingkan dengan Kopi

Sumber Protein yang Tepat

Telur dan daging putih adalah sumber protein yang paling disarankan karena memiliki kandungan protein tinggi serta berbagai zat aktif alami lainnya yang bermanfaat untuk mendorong pembakaran lemak lebih maksimal. Usahakan konsumsi telur dan daging putih paling tidak tiga kali dalam seminggu.

Lebihkan Porsi Sayuranmu

Awali kebiasaan mengonsumsi sayuran sehat melalui jenis-jenis yang paling mudah diterima, seperti bayam, wortel, dan brokoli. Setelah kamu rutin mengonsumsi berbagai jenis sayuran, mulailah perlahan-lahan melebihkan porsi sayuranmu. Bisa diakali dengan mengonsumsi sayuran mentah maupun dalam bentuk jus segar.  Sebab sangat disarankan menambah secara bertahap porsi sayuran hijau dan protein serta mineral di sela-sela pengaturan pola makan sehat kamu.

Kurangi Konsumsi MSG

Sebagian besar dari kita seringkali mengonsumsi penyedap rasa atau MSG ini. Banyak juga yang bilang bahwa makanan kurang nikmat jika tanpa penyedap rasa atau MSG. Padahal penyedap rasa juga dapat diperoleh dari bahan alami, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, cabai, dan banyak rempah lainnya yang kaya rasa sekaligus menyehatkan. Demi pola makan sehatmu, gantilah MSG dengan bahan alami ataupun rempah-rempah.

Baca lainnya  Mengulik 'Meals In Jar', Kamu Udah Coba Belum?

Ngemil Sehat

Kamu perlu mengubah camilan yang akan dikonsumsi. Hindari cemilan yang bersumber dari MSG. Kamu bisa menggantinya dengan kacang-kacangan atau buah. Khusus untuk jenis kacang-kacangan, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi yang memiki kandungan minyak tinggi, seperti kacang tanah.

Minum Air Putih Secara Teratur

Teratur minum segelas air putih berperan penting dalam menyeimbangkan kebutuhan hidrasi tubuh dan menjaga stabilitas nafsu makan. Selain itu, minum air putih secara teratur juga bermanfaat untuk membantu membersihkan usus dari ‘sampah’ yang berisiko mengganggu lancarnya saluran pencernaan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!