Tahukah Kamu Ternyata Psikologi Memasak Baik untuk Anak Usia Dini?

Psikologi memasak ala DuniaMasak via chariscounselingcenter.com

Psikologi memasak? Apakah memasak bisa mempengaruhi psikologi kita? Ya, benar. Pembahasan ini akan diulas lebih dalam oleh tim DuniaMasak. Kali ini tim DuniaMasak akan fokus kepada psikologi anak dalam memasak. Sebab sikap mandiri bisa ditumbuhkan sejak dini lho! Dengan memasak bersama, si kecil dapat lebih terampil dan lebih sabar serta menyukai makanan sehat. Simak deh informasinya!

Psikologi Memasak ala Tim DuniaMasak

Psikologi memasak via freepik.com

Psikologi memasak via freepik.com

Kamu tahu nggak sih, ternyata memasak bisa menjadi terapi bagi penderita depresi, kecemasan berlebih, eating disorders, ADHD, hingga ketergantungan. Lalu, bagaimana cara agar memasak bisa menjadi terapi bagi kondisi psikologis tersebut? Berikut penjelasannya.

Pemahaman Nutrisi

Kesehatan otak sangat berhubungan dengan beberapa nutrisi seperti omega-3, vitamin B, zat besi, magnesium, asam amino, dan zinc. Manfaat ini akan semakin terasa untuk otak ketika memahami kandungan gizi dalam menu yang kamu masak. Jadi, pahami nutrisi apa yang sedang kamu olah dalam masakan.

Baca lainnya  Trik Cara Memasak Buat Kamu Para Pemula

Beri Perhatian Penuh

Dikutip dari psychologytoday.com, bahwa memberi perhatian penuh saat memasak dapat membantumu dalam menurunkan tingkat stres. Bagaimana dengan anak-anak? ya, karena dengan memasak kamu bisa memberikan perhatian penuh kepada si kecil. Kamu pun bisa bekerja sama

Apresiasi Masakanmu

Jangan langsung disantap dulu makanan yang sudah selesai. Memang terdengar aneh, namun hal ini ternyata sangat berpengaruh untuk psikologi kita. Memasak memang kadang melelahkan, apalagi jika jumlahnya banyak. Namun, cobalah membiasakan diri mengambil waktu sebentar untuk mengapresiasi hasil masakanmu bersama anakmu. Kamu bisa berkomunikasi dengan anak dengan rasa takjub dan mengapresiasi campur tangan anakmu tersebut. Dijamin deh, si kecil akan senang.

Baca lainnya  Natalia Wijaya "Memasak adalah Berbagi dengan Ketulusan"

Ekspresikan Diri

Memasak sejatinya menjadi salah satu cara kreatif dalam mengekspresikan diri. Jika kamu memiliki mood yang baik, secara tidak sadar masakan yang kamu hasilkan akan enak dan sesuai harapan. Bangun mood yang baik bersama si kecil agar masakanmu berhasil.

Semakin Erat Bersama Anak

Jika kamu memasak bersama anak, tentu rasa kebersamaanmu akan semakin erat bukan? Nah, untuk itu, kamu harus sering melakukan memasak bersama nih sahabat duma! Selain untuk mengenal si kecil lebih dalam, kamu juga akan meningkatkan kepercayaan diri si anak untuk kedepannya! Apalagi lebih baik lagi jika kamu memasak bersama anggota keluarga lainnya.

Oiya, demi mendukung proses memasak, tentunya kamu melengkapi alat masak yang berkualitas dan sesuai standard ya. Yuk pilih dan belanja di DuniaMasak. Nikmati penawaran menarik setiap transaksinya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!