Sering Makan Terlalu Cepat? Ternyata ada Bahayanya Lho!

makan terlalu cepat via freepik ala tim duniamasak

Makan terlalu cepat sering dinilai baik karena efisien. Namun sebuah penelitian American Heart Association menyatakan bahwa makan terlalu cepat dapat menganggu kesehatan. Kali ini Tim Duniamasak akan merangkum apa saja gangguan kesehatan yang terjadi bila makan dengan cepat. Yuk simak ulasannya berikut ini!

Gangguan Kesehatan Makan Terlalu Cepat

makan terlalu cepat via freepik ala tim duniamasak
Makan burger via freepik

Bila sebagian dari sahabat Duma memiliki kebiasaan makan terlalu cepat, ada baiknya sekarang mulai membiasakan makan dengan secara perlahan. Selain dapat menikmati rasa dari makanan, makan perlahan juga sangat baik. Berikut ini adalah gangguan kesehatan yang diakibatkan bila makan terlalu cepat.

Sariawan

Jika sahabat Duma sering mengunyah makanan dengan cepat, pasti sering mengalami lidah atau bibir yang tergigit. Akibat tergigit tersebut maka menimbulkan resiko sariawan yang membuat sahabat Duma tidak nyaman untuk mengunyah makanan.

Baca lainnya  Jangan Terlalu Sering Menggoreng, Berikut Cara Masak Sehat Lainnya

Resiko Obesitas

Hormon dalam tubuh yang memberikan isyarat kenyang ke otak membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit. Jika sahabat Duma makan dengan cepat akan membuat tubuh mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Resiko Obesitas terjadi bila makanan yang dikonsumsi berlebihan sehingga terjadinya penumpukan kalori yang mebmbuat tubuh keberatan badan.

Tersedak

Orang yang makan dengan cepat pasti pernah mengalami tersedak. Makanan yang dikunyah biasanya tersangkut di kerongkongan sehingga membuat saluran pernapasan terganggu. Oleh sebab itu jangan remehkan ya saat kita tersedak.

Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan dapat terjadi salah satunya bila kita mengunyah makanan tidak sempurna. Makan yang cepat dapat membuat kita tidak dapat mengunyah makanan dengan sempurna sehingga memaksa lambung bekerja dua kali karena harus mencerna makanan tersebut. Gastristis dan radang lambung timbul bila lambung terlalu bekerja ekstra dalam mencerna makanan dan menyebabkan perut begah dan sakit.

Baca lainnya  Penyajian Kopi Nusantara Nan Unik & Menarik, Icip yuk!

Meningkatkan Sindrom Metabolik

Meningkatnya sindrom metabolik dapat menimbulkan penyakit diabetes, stroke dan jantung. Makan dengan cepat ternyata dapat memiliki sindrom metabolik yang tinggi. Makan dengan cepat juga meningkatkan glukosa dalam tubuh yang membuat tubuh tidak dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh.

Yuk sahabat Duma, mulai sekarangkan biasakan makan dengan perlahan-lahan ya. Agar tubuh kita terhindar dari resiko penyakit-penyakit diatas. Hidup sehat bersama Duniamasak.com!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!