Tips Memasak Spaghetti Lezat dan Bikin Ketagihan!

Tips memasak spaghetti ala duniamasak via pexels.com

Biasanya ketika kamu memasak pasta seringkali menggunkan pasta kering bukan? Memasaknyapun semudah merebus mie instan. Namun terkadang ada hal-hal kecil yang membuat hasil rebusan pasta jadi kurang enak lho! Mulai dari spaghetti yang lengket, terlalu lembek atau terlalu keras, atau tak menempel dengan saus? Inilah masalah yang sering ditemui saat merebus pasta. Nih tim DuniaMasak punya beberapa tips agar hasil spaghetti lezat sempurna!

Memasak Spaghetti Lezat yang Mudah

Spaghetti via knorr.com

Spaghetti via knorr.com

Porsi

Rata-rata seporsi hidangan pasta dibuat dari 100 gram pasta. Berdasarkan takaran membuat pasta yang sudah dirancang oleh produsen pasta terkemuka di dunia, aturan baku dalam merebus pasta adalah 100 gram pasta, 1 liter air, dan 7 gram garam. Jangan sekali-kali memasak pasta dengan jenis atau ukuran berbeda di dalam panci yang sama karena waktu matangnya berbeda ya!

Air

Isi 2/3 volume panci besar dengan air untuk memastikan air tidak meluap saat mendidih. Kalau airnya terlalu sedikit, pasta akan lengket. Pastikan seluruh permukaan air mendidih terlebih dahulu sebelum pasta dimasukkan. Gunakan air panas dan api besar untuk menghemat waktu. Pastikan air setidaknya lebih tinggi 4 cm daripada permukaan pasta.

Baca lainnya  Cabe Terpedas Di Dunia, Berani Coba?

Garam dan minyak

Tambahkan garam saat merebus pasta. Tak hanya membuat citarasa pasta lebih enak, garam juga menaikkan suhu didih air. Tambahkan sedikit saja minyak agar pasta tak lengket, jangan terlalu banyak ya karena nantinya saus akan sulit menempel pada pasta yang sudah matang.

Mengaduk

Kecilkan api sebelum pasta dimasukkan. Pasta pendek bisa langsung diaduk perlahan agar tidak lengket. Namun, spaghetti dan pasta panjang lainnya perlu ditunggu sekitar semenit sebelum diaduk agar melunak terlebih dahulu. Kamu bisa mengaduknya membentuk angka delapan setiap 3-4 menit. Tak perlu menutup panci saat merebus pasta.

Al dente

Al dente berarti pasta tidak lembek tapi juga tidak keras. Matangnya menyeluruh, namun ‘melawan’ saat digigit atau masih terasa kenyal di bagian tengahnya. Untuk mengetesnya, jangan mengandalkan waktu memasak yang tertera di kemasan. Ambil sedikit pasta, dinginkan, lalu cicipi dan rasakan teksturnya. Pasta yang dimasak al dente memiliki indeks glikemik (GI) lebih rendah daripada pasta yang dimasak hingga lembek.

Baca lainnya  3 Resep Menu Sahur Praktis, Hemat, Lezat dan Bergizi

Mematangkan

Pasta berbahan telur biasanya lebih cepat matang daripada pasta gandum kering. Kalau ingin pasta al dente, kurangi waktu memasak sebanyak dua menit dari waktu yang tertera di kemasan pasta. Pasalnya, proses pematangan tetap berjalan setelah pasta ditiriskan dan diberi saus. Jadi, saat bagian luar pasta matang sementara bagian dalamnya masih keras, matikan api. Tutup panci selama 10-15 menit agar matangnya al dente.

Meniriskan

Dari al dente hingga lembek hanya memakan waktu satu menit. Makanya, setelah pasta al dente, segera tiriskan dengan baskom saring. Jangan bilas pasta karena akan membuang pati yang diperlukan agar pasta menyerap saus.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!