Mengikuti Tata Cara Makan Unik Rakyat India

Tata Cara Makan Rakyat India via thegolfclub.info versi tim Duniamasak

India merupakan satu negara yang memiliki keunikan tersendiri. Baik dari segi bermasyarakat ataupun kearifan budayanya, India menjadi salah satu negara yang memberikan pengaruh tersendiri di mata dunia. Negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia ini, mengedepankan budayanya yang menarik. Salah satu hal yang menjadi sorotan banyak orang tentang negara ini adalah tata cara makan rakyat India atau table manner yang terbilang unik. Mereka begitu menjaga tata cara makan agar tetap sesuai dengan aturan ataupun ketentuan. Kali ini tim Duniamasak akan membagi informasi mengenai tata cara makan rakyat India yang menarik untuk di simak.

Belajar Tata Cara Makan Rakyat India yang Unik

Tata Cara Makan Rakyat India via traveltriangle.com versi tim Duniamasak
Makanan rakyat India via traveltriangle.com

India menyebarkan pengaruh budaya mereka melalui film-film bollywood yang mampu membius para penikmat film. Dari film-film tersebut, banyak pelajaran yang dapat diambil dan dipelajari termasuk mengenai tata cara makan rakyat India. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pada saat makan agar jika suatu saat kalian mengunjungi negara ini, kalian telah mengerti table manner mereka.

Mereka memulai makan ketika telah dipersilahkan oleh tuan rumah

Mereka memulai makan ketika telah dipersilahkan oleh tuan rumah. Meskipun makanan telah tersaji di meja makan, namun jika sang pemilik rumah belum mempersilahkan, maka kalian sebaiknya tidak memulai makan dahulu. Hal ini menunjukkan norma kesopanan dan penghormatan terhadap tuan rumahnya. Tunggulah sampai pemilik rumah selesai berdoa untuk membuka jamuan makan. Bahkan ketika kalian telah selesai makan dan masih ada banyak orang yang belum selesai, kalian tidak diperkenankan meninggalkan meja makan terlebih dahulu. Akan terlihat tidak sopan, kalian meninggalkan meja makan ketika orang lain masih meneruskan makannya.

Baca lainnya  Hits Banget: Es Kepal Milo, Peluang Bisnis Kekinian

Jamuan makan terpisah untuk tamu laki-laki dan perempuan

Biasanya akan disediakan tempat terpisah untuk tamu laki-laki dan perempuan. Namun jika tempat jamuan tidak dipisah, untuk kalian tamu wanita jangan sekali-kali menyentuh jamuan makanan untuk laki-laki. Mereka begitu menghormati perbedaan gender. Jamuan makan akan disediakan oleh tuan rumah wanita. Ambillah makanan secukupnya atau tidak terlalu banyak, seiring berjalannya jamuan makan, tuan rumah akan mempersilahkan kalian untuk menambah makanan dan kalian dapat menambahkan makanan sedikit demi sedikit.

Makan dengan menggunakan tangan

Terkadang untuk jamuan makan sederhana di rumah, tuan rumah menyediakan makan dengan beralaskan daun sebagai piring. Maka, kalian seharusnya kalian makan dengan menggunakan tangan. Selalu gunakan tangan kanan untuk mengambil ataupun menyuap makanan. Jangan lupa mencuci tangan dan jangan sekali-kali mengambil makanan dengan tangan kiri. Perhatikan juga ketika kalian menyuapkan makanan, jangan sampai makanan mengotori telapak tangan kalian. Cukup gunakan jari-jari kalian dan makan secara perlahan. Makan dengan tangan ini dipercaya akan membangkitkan selera makan dan sebagai pengalaman sensorik untuk indra perasa.

Baca lainnya  Makanan Untuk Memperlancar ASI Setelah Melahirkan

Makan bersama dalam satu piring besar

Bagi keluarga besar di India, sering diadakan acara makan bersama. Satu piring besar dihidangkan dengan berbagai macam makanan. Seluruh keluarga duduk berkumpul mengelilingi piring tersebut. Menu pembukanya adalah yang biasa kita makan sebagai makanan penutup seperti buah ataupun puding. Setelah diawali dengan doa, makan besar dimulai dengan memakan daging lalu diikuti hidangan lainnya. Disini, kalian tidak boleh saling berebut makanan dan selalu makan dengan tenang dan perlahan.

Banyak sekali makanan India yang begitu menggugah selera dan membangkitkan nafsu makan. Ciri khas mereka adalah selalu menggunakan rempah-rempah dalam jumlah yang cukup banyak sehingga menghasilkan rasa masakan yang kuat dan dominan. Itulah beberapa tata cara makan rakyat India yang bisa kalian pelajari dan harus kalian perhatikan ketika mendapatkan jamuan makan di negara India ini.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!