Ternyata Ini Perbedaan Pecak dan Pecel Lele

Simak Perbedaan Pecak dan Pecel lele via freepik ala duniamasak

Pasti sahabat DuMa sering melihat tempat makan yang menyediakan hidangan ini di malam hari. Ya, pecel lele sering ditemukan saat hari sudah mulai gelap dan dihidangkan bersama nasi uduk yang nikmat. Selain pecel, ternyata ada bahan lain yang juga sering digunakan untuk diolah bersama ikan lele yaitu pecak. Apa saja perbedaan pecak dan pecel lele ini? Mari simak penjelasannya di artikel ini!

Perbedaan Pecak dan Pecel

Perbedaan pecak dan pecel lele khas Betawi via freepik ala duniamasak
Perbedaan pecak dan pecel lele via freepik

Pecak

Pecak adalah nama hidangan yang berasal dari daerah Betawi yang terbuat dari ikan lele atau bisa juga menggunakan ikan lainnya seperti ikan gurame yang diolah dengan cara dibakar ataupun digoreng. Ikan yang sudah diolah sampai matang akan disiram dengan kuah santan yang telah dibumbui dengan cabai dan kemiri. Seperti layaknya pecel lele, biasanya pecak juga didampingi oleh daun kemangi sebagai bahan pelengkap dalam penyajiannya. Dan ternyata, ada juga yang  menambahkan kacang tanah dalam pecak agar menghasilkan tekstur renyah dan rasa yang lebih gurih.

Baca lainnya  Memasak dengan Bubuk Masak Ajaib: Andalan Ibu Rumah Tangga Masa Kini

Pecel

Pecel adalah bumbu yang bisa menemani beberapa hidangan khas Indonesia seperti pecel sayuran dan juga pecel lele. Terbuat dari ikan lele yang digoreng lalu dihidangkan bersama sambal terasi serta lalapan dalam satu wadah yang sama. Di beberapa tempat makan pecel lele juga diolah menjadi hidangan bernama lele penyet dimana ketika lele matang, akan langsung disiram dengan sambal kemudian dipenyet. Selain lele, tentunya banyak makanan yang juga dapat diolah dengan cara dipenyet seperti ayam goreng, tempe goreng, tahu goreng, dan sebagainya.

Demikian penjelasan perbedaan pecak dan pecel lele. Sungguh sangat mirip, bukan? Kalau sahabat DuMa lebih suka olahan yang mana? Pastinya keduanya akan lebih nikmat jika disantap bersama nasi hangat dan ditemani segelas es teh manis! Artikel selanjutnya, perbedaan makanan apa lagi yang sahabat DuMa ingin tahu? Tuliskan di kolom komentar dan bagi yang terpilih akan langsung DuMa buatkan artikelnya ya 😀 Jangan lupa juga bagikan artikel ini kepada sahabat lainnya dan semoga bermanfaat!

Baca lainnya  Rempah Unik di Indonesia, Kamu Sudah Tahu?
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!