Tidak Banyak Tahu, Inilah Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan

Manfaat daun afrika via honestdocs.id ala tim duniamasak.com

Daun Afrika atau dengan nama ilmiah Vernonia amygdalina adalah tumbuhan yang termasuk dalam anggota keluarga daisy. Daun Afrika ini memiliki tekstur kulit yang kasar dan berbentuk bulat. Daun Afrika merupakan salah satu tanaman herbal yang memang sangat mudah ditemukan di benua Afrika lebih tepatnya di negara Nigeria. Daun ini sudah di percaya khasiatnya untuk kesehatan, apa saja ya manfaat daun Afrika? Yuk simak ulasannya dari duniamasak.com!

Manfaat Daun Afrika

Manfaat daun afrika via faktualnews.co ala tim duniamasak.com
Manfaat daun Afrika via faktualnews.co

Memang terdengar asing bila mendengar kata daun Afrika, walaupun begitu daun Afrika ternyata terkenal karena manfaatnya yang bagus untuk kesehatan. Pasalnya daun Afrika memiliki kandungan nutrisi yang terdiri dari vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E serta mineral dan lemak tak jenuh. Berikut ini adalah manfaat daun Afrika yang wajib sahabat Duma ketahui.

Meredakan Gejala Malaria

Daun Afrika sudah dipercaya sejak dahulu untuk mengatasi malaria. Sari-sari dari daun Afrika terbukti dapat meredakan malaria yang ringan. Kandungan plasmodik dalam daun Afrika membantu meringankan gejala malaria. Namun sahabat Duma tetap harus butuh perawatan dokter ya karena daun Afrika hanya membantu meredakan malaria yang ringan.

Baca lainnya  Apa Aja Sih Makanan Sehat Saat Berolahraga?

Mengobati Peradangan

Peradangan terjadi akibat pertumbuhan hormon prostaglandin. Mengkonsumsi ekstrak daun Afrika dapat menghambat hormon prostaglandin.

Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung biasanya terjadi akibat penyumbatan yang ada pada pembuluh darah jantung sehingga suplai oksigen menuju jantung berkurang. Daun Afrika mengandung zat antioksidan dan juga antiseptik. Dengan mengkonsumsi daun Afrika secara rutin dapat mengurangi munculnya serangan jantung.

Mengobati Tifus

Tifus atau yang terkenal dengan tipes adalah penyakit yang berasal dari bakteri Salmonella typhii. Daun Afrika dapat mengurangi dan mengobati penyakit tifus bila mengkonsumsi ekstrak daun Afrika. Zat antibakteri dan atibiotik yang terkandung dalam daun Afrika dapat melawan bakteri.

Mengobati Asam Urat

Asam urat atau yang memiliki nama lain gout adalah penyakit sendi yang terjadi karenakan kadar asam urat yang ada di dalam darah terlalu tinggi. Asam urat larut didalam darah dan dikeluarkan lewat urine untuk kondisi normalnya, namun bila asam urat yang dhasilkan berlebih inilah yang mengakibatkan gangguan dalam tubuh. Mengkonsumsi daun Afrika dapat merangsang asam urat dikeluarkan melalui urine.

Menurunkan Tekanan Darah

Mineral kalium yang terkandung dalam daun Afrika ternyata dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Oleh sebab itu mengkonsumsi daun Afrika dapat menurunkan tekanan darah.

Baca lainnya  5 Buah Segar yang Wajib Kamu Konsumsi Setiap Hari

Mengobati Flu

Flu memang bukan penyakit yang berat, namun bila sedang terserang penyakit flu hal itu dapat mengganggu aktifitas kita. Kandungan flavonoid yang ada pada daun Afrika dapat mengobati dan menghilangkan virus flu.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!