Tips Memasak Jengkol Yang Empuk dan Lezat

tips memasak jengkol via news.trubus.id ala duniamasak

Jengkol adalah sebuah tanaman yang sering ditemukan di wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini bisa disantap dan sangat digemari oleh warga Malaysia, Myanmar, Thailand, dan tentunya juga di Indonesia. Tidak banyak orang yang suka dengan rasa dan bau dari jengkol. Namun tidak sedikit juga yang menyukainya karena jika diolah dengan tepat, maka akan menjadi hidangan yang sangat enak dan lezat. Selain itu, jengkol juga memiliki banyak manfaat seperti dapat mencegah diabetes dan baik untuk kesehatan jantung. Namun, kembali ke cara masak jengkol yang benar agar banyak disukai dan diusahakan tidak ada rasa pahit yang akan  merusak  kelezatannya dan dengan tekstur yang tepat ketika dihidangkan. Maka dari itu, Duma ingin memberikan tips bagaimana cara memasak jengkol yang benar agar empuk dan tidak pahit.

Cara Memasak Jengkol

Rendam dengan air dingin

Tips pertama untuk mengolah jengkol dengan baik yaitu dengan merendamnya terlebih dahulu dengan air dingin semalam penuh. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau jengkol. Cara lain bisa memilih merendam jengkol dengan air kapur sirih. Cara ini juga dipercaya dapat menghilangkan bau tidak sedap pada jengkol dan menetralisir rasa.

Baca lainnya  Sahabat Duma, Berikut Ini 5 Makanan Sunda yang Harus Kamu Cicipi!

Kupas hingga bersih

Jika sudah selesai direndam semalaman, waktunya untuk mengupas jengkol hingga bersih. Bagian selaput pada luar jengkol perlu dibuang lalu dibersihkan secara keseluruhan. Hal ini dilakukan karena jika ada sedikit selaput yang tidak bersih, maka dapat berpengaruh pada rasa jengkol bahkan menjadi pahit saat diolah.

Masak dengan benar

Memasak jengkol via  liputan6.com ala duniamasak
Memasak jengkol via liputan6.com

Setelah direndam dan dikupas hingga bersih, saatnya untuk memasak jengkol dengan baik dan benar. Sebelum mengolah jengkol, jangan lupa untuk dipipihkan terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar bumbu cepat meresap ke dalam jengkol. Yang perlu diingat dalam memasak jengkol adalah penting untuk membuat teksturnya menjadi empuk dan rasa yang tidak pahit sehingga berbagai macam cara olahan pun dilakukan untuk mencegah hal tersebut. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah merebus jengkol dengan daun jeruk purut yang diiris. Daun ini bisa digunakan untuk menetralisir bau pada jengkol. Pilihan lain bisa juga direbus dengan daun jambu biji. Setelah jengkol selesai direbus, air bekas rebusan dan daun jambu biji bisa dibuang. Pilihan terakhir yang bisa dicoba untuk memasak jengkol adalah merebus dengan daun salam. Tentu daun ini digunakan dalam berbagai masakan untuk tujuan mengurangi bau tajam suatu bahan dan bisa berhasil juga untuk memasak jengkol. Selain baunya, rasa pahit pada jengkol pun bisa berkurang.

Baca lainnya  Resep Olahan Es untuk Berbuka Puasa, Segar & Nikmat
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!