Tips Menggunakan Minyak Goreng Bekas Ala Duniamasak

Tips menggunakan minyak goreng bekas via freepik ala tim duniamasak.com

Masakan yang digoreng memang selalu menggugah selera. Tidak heran bila aktivitas menggoreng dalam memasak merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan di dapur. Prosesnya yang mudah ditambah hasil dari makanan yang digoreng pun menjadi renyah dan lezat menjadikan minyak goreng termasuk kedalam kebutuhan pokok ibu rumah tangga. Tak jarang dari kita bahkan menggunakan minyak kembali untuk menggoreng masakan lainnya untuk berhemat, mengingat harga minyak goreng yang tidak menentu. Sebelum menggunakan minyak goreng bekas sebaiknya kita simak informasi berikut agar tidak salah.

Gunakan Minyak Goreng Bekas Pakai, Ada Tipsnya Lho!

Tips menggunakan minyak goreng bekas via www.thepaleomom.com ala tim duniamasak.com
Menggunakan Minyak via www.thepaleomom.com

Minyak goreng memang menjadi salah satu bahan pokok dalam memasak yang harganya sering kali berubah-ubah. Tidak heran bila kita melihat beberapa supermarket yang sedang mengadakan sale minyak goreng, pasti akan ramai diburu oleh para ibu rumah tangga. Untuk menghematnya beberapa orang pun menggunakan ulang minyak goreng bekas pakai yang sebelumnya sudah digunakan untuk menggoreng. Berikut ini adalah tips menggunakan minyak goreng bekas pakai ala tim Duniamasak:

Baca lainnya  Fakta Dibalik Kopi dan Durian, Bolehkah Dikonsumsi Bersamaan?

Membersihkan minyak goreng bekas tepung

Menggoreng makanan yang mengnadung tepung seperti menggoreng ayam goreng tepung contohnya akan meninggalkan bercak putih pada minyak goreng. Minyak goreng pun sedikit mengental karena campuran tepung. Untuk menyiasatinya, diamkan minyak goreng bekas tepung semalaman, tunggu hingga minyak dan tepung mengendap kebawah permukaan wadah. Setelah itu sahabar Duma dapat menggunakan minyak goreng pada bagian atas yang sudah terpisahkan dari tepung.

Membersikan minyak bekas pakai

Setelah menggoreng aneka makanan tentunya beberapa serpihan makanan akan tercampur pada minyak goreng. Untuk itu setelah menggunakan minyak goreng sebaiknya minya langsung di saring mnggunakan saringan sebelum akhirnya disimpan. Bila minya sudah dalam keadaan dingin sebaiknya tutup minyak agar tidak tercampur dengan benda yang masuk kedalamnya. Tentunya cara tersebut juga menghindari minyak menjadi bau dan dapat bersih kembali.

Baca lainnya  Siapa Sangka Biji Buah & Bagian Lain dalam Buah Memiliki Banyak Manfaat Lho!

Menghilangkan bau pada minyak

Minyak goreng mudah sekali tercemar bau makanan yang sedang digoreng. Contohnya saja bila kita sedang menggoreng ikan asin pastinya bau ikan asin tersebut akan tercampur pada minyak goreng. Bila sahabat Duma ingin menggunakan kembali minyak goreng tersebut sebetulnya tidak masalah. Tentunya kita harus menghilangkan bau yang tercampur pada minyak goreng dengan cara memanaskan minyak goreng dan memasukkan beberapa batang serai hingga layu. Sehingga bau serai dapat meminimalisir aroma bau pada minyak goreng.

Tips Duma, minyak goreng tidak boleh digunakan lebih dari 3 kali. Hal itu dikarenakan kandungan lemak jenuh yang sangat berlebihan dan tidak baik untuk digunakan kembali.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!