Tips Menggunakan Mixer yang Tepat Bagi Kamu Para Pemula

tips menggunakan mixer ala duniamasak via blibli.com

Sahabat duma, kamu yang ingin sekali belajar membuat kue, tentu tak lepas dari alat yang satu ini: mixer. Memahami dan memeriksa kelengkapan mixer menjadi sebuah tindakan sederhana, supaya kamu bisa memakai alat tersebut dengan efektif. Kali ini tim duma juga akan menjelaskan seputar tips menggunakan mixer bagi kamu yang belum mengetahuinya.

Tips Menggunakan Mixer dengan Efektif

tips menggunakan mixer via pixabay.com

hand mixer & mixer via pixabay.com

Tungkai pengaduk pada mixer variannya bermacam-macam nih sahabat duma! Ada yang disebut beater, whip, dan spiral. Fungsinya pun berbeda dari setiap variannya. Beda bahan, beda pula jenis tungkai yang dipakai. Biasanya untuk kebutuhan dasar mengocok telur dan adonan, kamu bisa menggunakan yang varian beater.

Mulailah dari Kecepatan Terendah

Gunakan mixer pelan-pelan untuk hasil maksimal. Jangan terburu-buru untuk langsung menggunakan kecepatan maksimal saat hendak memulai penggunaan mixer. Mulailah dari kecepatan terendah. Hal ini jauh lebih baik untuk memastikan proses pencampuran adonan lebih tercampur dengan sempurna.

Naikkan Kecepatan Secara Bertahap

Gunakan mixer sesuai kebutuhanmu ketika mengaduk adonan. Ketika sudah memulai dengan kecepatan terendah, kita pasti ingin menambah kecepatan agar adonan bisa segera mengembang. Agar mencapai pada tahap ini, tambahlah kecepatan secara bertahap, dari angka satu, perlahan geser ke angka dua. Aduk dulu adonan dalam kecepatan level dua dalam beberapa menit jika kemudian ingin menambah kecepatan ke level tiga.

Baca lainnya  Membuat Sirup Sendiri untuk Persiapan Bulan Ramadhan "Gampang Banget Nih"

Gunakan Handuk Agar Suara Berisik Berkurang

Semua jenis mixer pasti mengeluarkan suara berisik. Kalau ingin meminimalisir hal tersebut, gunakan kain tebal atau handuk untuk mengurangi suara berisik tersebut. Caranya mudah. Selimutilah bagian mixer dengan kain tebal atau handuk, dan suara getaran mixer akan berkurang. Selain itu, handuk atau kain tebal juga bisa mengurangi cipratan adonan yang keluar dari dalam mixer.

Perhatikan Perbedaan Mengocok dan Mengaduk

Menggunakan mixer berarti bukan mengaduk, melainkan mengocok. Karena itulah kamu perlu mengetahui teknik mengocok dengan benar, supaya bisa memperoleh tekstur adonan yang tepat. Pada prinsipnya, pengocokan adonan menggunakan mixer bertujuan untuk mengembangkan adonan secara maksimum.

Baca lainnya  Makanan Enak Kaya Nutrisi Yang Tidak Akan Mengacaukan Diet Kamu

Jadi bila mengaduk adalah mencampur bahan, mengocok berarti mengembangkan adonan. Kalau kamu berhasil mengocok adonan dengan benar, tekstur kue akan terasa lebih sempurna ketika dikukus atau dipanggang.

Jangan Pernah Mencuci Mixer dengan Air

Bagian dalam mixer yang rentan rusak jika terkena air. Kebiasaan sebagian besar orang adalah mencuci tungkai pengaduk tanpa membersihkan mesin mixer. Padahal juga terkontaminasi adonan yang juga mengotori bagian vital. Kalau tidak dibersihkan pastinya akan membuat mixer cepat rusak. Oleh sebab itu, kita juga membersihkan mesin mixer sampai benar-benar bersih.

Oiya, jangan gunakan air mengalir ketika mencuci mesin mixer. Penggunaan air mengalir malah akan membuat mixer cepat rusak, dan yang paling parah, alat tersebut bisa konslet. Apabila khawatir dengan efek air yang bisa merusak mesin, maka proses pembersihan bisa dilakukan dengan cara menggunakan lap yang sedikit dibasahi dengan air. Sehingga tidak perlu dicuci dengan cara diguyur seperti membersihkan tungkai pengaduk.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!