Windy Iwandi, Kecintaannya Di Dunia Kuliner Hingga Menjadi Profesi

windy iwandi foodirectory via duniamasak

Masih di bulan Maret dalam rangka menyambut hari Kartini yang jatuh tepat pada tanggal 21 April, Duma juga masih memiliki 1 kisah inspiratif untuk dibagikan. Duma ingin sekali melihat perspektif dari seorang wanita yang menggeluti pekerjaan di bidang food reviewer mengenai industri kuliner saat ini. Maka dari itu, kali ini Duma berkesempatan mewawancarai Windy Iwandi atau yang lebih dikenal sebagai @foodirectory untuk sedikit berbincang mengenai peran wanita hebat di dunia kuliner.

Mengenal Windy Iwandi

Photo shoot di Instagram @foodirectory dok. Windy Iwandi via duniamasak
Photo shoot di Instagram @foodirectory dok. Windy Iwandi

Windy Iwandi adalah seorang food reviewer dan content creator di berbagai platform seperti Blog, Facebook, YouTube, Instagram, hingga TikTok. Kegiatannya sehari-hari adalah sangat berkaitan erat dengan food review, food tasting, dan create contents untuk para klien serta konten pribadinya sendiri. Windy Iwandi sangat mencintai pekerjaannya karena menurutnya bidang food review lebih dari sekedar mengulas makanan. Di sisi lain, food review juga perlu memberikan nilai tambah terutama untuk restoran dan pemilik bisnis dengan memberikan masukan sehingga dapat meningkatkan kualitas makanan serta layanan restoran tersebut. Selain itu, food review pun dapat menjadi wadah promosi bagi restoran-restoran tersebut.

Dukungan keluarga saat memulai pekerjaan food reviewer

Sebenarnya, awal mula Windy Iwandi menjadi seorang food reviewer adalah berawal dari hobinya yang suka mencoba restoran-restoran baru serta aneka makanan unik. Dari pihak keluarga, awalnya tidak mendukung karena kurang familiar dengan pekerjaan sebagai food reviewer yang tergolong cukup baru pada waktu itu. Bahkan, keluarganya pun sempat menganggap bahwa hal tersebut hanyalah sekedar hobi dan main-main saja. Namun seiring berjalannya waktu, perlahan-lahan keluarga Windy Iwandi mulai mendukung pekerjaannya sampai saat ini setelah melihat hasil-hasil yang positif dari seluruh kegiatannya sebagai food reviewer.

Proses pembuatan konten

Hasil foto makanan di Instagram @foodirectory dok. Windy Iwandi via duniamasak
Hasil foto makanan di Instagram @foodirectory dok. Windy Iwandi

Windy Iwandi rutin membuat konten di berbagai platform mengenai ulasannya terhadap restoran-restoran yang sudah ia cicipi secara jujur. “Kejujuran adalah hal yang paling penting. Kembali lagi karena aku selalu ingin memberi nilai tambah kepada para klienserta menjaga kepercayaan  followers-ku dengan memberikan review yang apa adanya”, ujarnya. Selain kejujuran, integritas juga diperlukan untuk membantu para pelanggan yang mencicipi agarmendapatkan pengalaman bersantap yang baik. Ia juga yakin bahwa penting bagi para followers untuk tetap memiliki kepercayaan dalam mengikuti rekomendasinya melalui konten yang telah dibuat. Bisa dibilang, secara tidak langsung melalui pembuatan konten ini dapat menjadi wadah pertemuan pemilik bisnis kuliner dengan para pelanggan sehingga dapat menjalin hubungan yang saling menguntungkan. Bagi pihak restoran dapat memasarkan produknya dengan baik, sedangkan bagi pelanggan tentunya mendapatkan kepuasan dari makanan yang berkualitas serta pengalaman bersantap yang ditawarkan. Windy Iwandi juga sempat bercerita mengenai restoran favorit yang telah diulasnya. Di urutan pertama, ia memilih restoran Shu Guo Yin Xiang sebagai yang paling disukai karena berhasil mempertahankan konsistensi rasa dan pelayanan kepada para pelanggan. Selain itu, makanannya dapat diterima oleh semua kalangan dan segala usia sehingga bisa menjadi top of mind untuk restoran hot pot. Maka dari itu, Shu Guo Yin Xiang juga sudah teruji kenikmatannya dengan adanya cabang-cabang yang sudah tersebar di mall-mall ternama. Sedangkan untuk kedai minuman dan dessert, Windy Iwandi memilih Mana Tea sebagai favoritnya. Ia mengatakan bahwa kedai tersebut berhasil menonjolkan rasa-rasa di setiap varian es krim dan minuman dengan sangat baik dan konsisten.

Baca lainnya  Tintin Rayner "Sukses yang Bermula dari Membaca Buku Resep"

Kesan dan pesan terhadap dunia food review

Menurut Windy Iwandi dalam segala hal yang dilakukan dengan passion dan selalu menjunjung tinggi kejujuran, maka akan membantu pelaku bisnis kuliner untuk menjadi lebih baik kedepannya. “Jika seorang food reviewer hanya bertujuan untuk mencari uang, makan gratis, dan mengejar popularitas lebih baik jangan”, pesannya. Ia selalu berpegang teguh pada visinya yaitu untuk menjadi berkat bagi banyak orang sehingga semua pekerjaan yang dilakukan harus bisa menolong banyak orang. Windy Iwandi pun berharap kedepannya akan muncul para foodies baru yang dapat mengangkat kuliner Indonesia ke kancah internasional karena banyak sekali makanan khas Indonesia yang belum diketahui oleh khalayak luas. “Aku juga berharap kepada masyarakat agar dapat semakin mengapresiasi kehadiran foodies yang sudah me-review dengan passion ya”, ucapnya mengakhiri. 

Baca lainnya  5 Tips Kencan Hemat di Hari Valentine, Tetap Romantis lho!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!