5 Makanan Khas Indonesia Untuk Perayaan 17 Agustus

Masakan Indonesia terkenal dengan masakannya yang unik dan beraroma. Dengan beragamnya budaya yang ada di Indonesia, setiap daerah memiliki masakan khasnya masing-masing yang dinikmati pada acara-acara tertentu. Berikut ini adalah makanan khas Indonesia untuk perayaan 17 Agustus:

Makanan Khas Indonesia

5 Makanan Khas Indonesia Untuk Perayaan 17 Agustus
Nasi Kuning Tumpeng Via Instagram @yolanda_wirdan

Makanan tradisional berikut ini biasa disantap saat Idul Fitri, Natal, dan acara-acara khusus lainnya seperti Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus. Perayaan Hari Kemerdekaan umumnya meliputi upacara, perlombaan, dan menyantap masakan tradisional Indonesia. Intip 5 makanan yang sering dinikmati saat perayaan Hari 17 Agustus.

Nasi Kuning Tumpeng

Nasi tumpeng kuning simbol rasa syukur disajikan dalam porsi besar pada acara 17 Agustus. Ditemani dengan berbagai lauk pauk seperti ayam goreng, tahu, tumis tempe, perkedel kentang, sambal, telur dadar, dan mie goreng di atas nampan besar. Nasinya berbentuk kerucut seperti gunung.

Nasi Tumpeng Merah Putih

Nasi tumpeng merah putih ini mirip dengan nasi tumpeng kuning pada umumnya, yang membedakan hanyalah kemiripannya dengan warna bendera Indonesia. Nasi merah yang digunakan dalam masakan ini berbeda dengan nasi putih yang biasa digunakan, mewakili warna bendera.

Baca lainnya  Tata Cara Mengalasi Loyang Memakai Kertas Roti Dengan Benar

Nasi Tutug Oncom

Masakan tradisional Sunda yang terkenal dengan aromanya yang unik ini dibuat dengan mencampurkan oncom hitam, bawang putih, lengkuas, dan cabai. Biasanya nasi tutug oncom, ditemani ayam goreng, tempe, tahu, sambal, dan sayur asam.

Ayam Goreng Paniki

Ayam goreng ini merupakan masakan klasik Manado yang terbuat dari ayam kampung dan dimasak dengan perpaduan bumbu antara lain jahe, daun jeruk, santan, serai, dan bumbu lainnya.

Klepon Merah Putih

Klepon merupakan jajanan kue tradisional asal Jawa Tengah yang terbuat dari tepung ketan dan diisi gula merah. Biasanya berwarna hijau, namun untuk acara-acara khusus seperti Hari Kemerdekaan dibuat dengan warna merah putih yang melambangkan bendera Indonesia.

Baca lainnya  Tubuh Tetap Sehat Saat Bulan Ramadhan dengan 7 Tips Ini!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com