Cara Memasak Sayur yang Salah, Nutrisi Bisa Hilang!

Jika ingin tetap sehat dan tidak menambah berat badan atau menjaga kesehatan, makan sayur memang baik untuk sahabat Duma. Tapi tahukah sahabat Duma bahwa cara memasak sayuran juga bisa membuat perbedaan dalam kandungannya? Yuk coba disimak cara memasak sayur yang salah, jangan sampai nutrisinya hilang!

Tetap Jaga Nutrisi, Cara Memasak Sayur yang Salah

Cara Memasak Sayur yang Salah, Nutrisi Bisa Hilang! via bestbeautyandhealthtips.com ala tim duniamasak
Sayuran via bestbeautyandhealthtips.com

Untuk menghentikan hal-hal buruk terjadi, berikut adalah beberapa cara memasak sayur yang salah dan sebaiknya tidak dilakukan:

Memasak dengan minyak yang berlebihan

Saat kita memasak sayuran dengan terlalu banyak minyak, sayuran bisa menjadi tidak begitu baik untuk kita. Minyak yang kita gunakan untuk memasak, seperti minyak kelapa atau minyak sayur, memiliki kandungan yang disebut “lemak jenuh” yang dapat membuat sayuran memiliki lebih banyak kalori di dalamnya. Mengonsumsi makanan yang banyak lemak juga bisa membuat kita sakit seperti masalah jantung atau kegemukan.

Banyak menggunakan gula

Jika kita memasukkan terlalu banyak gula ke dalam sayuran saat kita memasaknya, sayuran tersebut dapat memiliki lebih banyak kalori dan membuat kita bertambah gemuk. Gula tidak memberi tubuh kita hal-hal yang baik, hanya energi. Tidak sehat makan banyak makanan manis karena bisa membuat kita sakit dan terkena penyakit seperti diabetes dan obesitas.

Baca lainnya  Mencoba Cinnamon Braids Kekinian di My Sister Bakes

Terkadang orang menambahkan gula ke sayuran saat memasak agar lebih manis, tetapi sayuran sudah bisa manis secara alami seperti buah atau wortel.

Jika ingin membuat sayuran terasa lebih enak, gunakan bumbu seperti bawang putih, jahe, atau rempah-rempah.

Santan dalam jumlah banyak

Jika kita menggunakan santan terlalu banyak saat memasak sayuran, bisa membuat makanan menjadi banyak kalori dan lemak. Santan sudah mengandung banyak lemak dan kalori, jadi jika kita makan terlalu banyak, kita bisa kelebihan berat badan atau bermasalah dengan jantung kita.

Santan memiliki sesuatu yang disebut “asam lemak jenuh” yang dapat mempersulit tubuh untuk tetap sehat. Jika santan terlalu banyak, itu bisa membuat hati akan sakit.

Untuk membuat masakan sayur lebih sehat dan tidak berlemak, kita sebaiknya menggunakan sedikit santan atau gunakan pengganti sehat lainnya seperti susu rendah lemak atau yogurt tanpa lemak.

Menambahkan garam serta MSG terlalu banyak

Ketika kita memasukkan terlalu banyak garam dan MSG ke dalam sayuran kita, rasanya tidak enak dan bisa berdampak buruk bagi tubuh kita. Makan terlalu banyak garam juga tidak baik untuk kesehatan.

MSG adalah sesuatu yang bisa ditambahkan ke makanan untuk membuatnya terasa lebih enak. Tetapi jika kita menambahkan terlalu banyak, itu bisa membuat kita sakit kepala. Jadi penting untuk menggunakan jumlah yang tepat saat kita memasak.

Baca lainnya  Inspirasi Menu Berbuka Puasa dan Sahur Selama Bulan Ramadan

Alih-alih menggunakan garam yang tidak sehat, kita bisa menggunakan rempah-rempah yang baik seperti jahe, bawang putih, merica, atau kunyit agar sayuran kita terasa enak. Kita juga bisa menggunakan sedikit MSG atau kaldu sayur sebagai pengganti garam yang terlalu banyak.

Mayones yang berlebihan

Mayones yang berlebihan juga tidak baik karena mengandung kalori serta lemak yang tinggi.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan