Minyak Kanola dan Manfaatnya Cari Tahu di sini!

Minyak Kanola dan Manfaatnya Cari Tahu di sini! via freepik ala tim duniamasak.com

Masakan keluarga Indonesia yang biasanya digoreng banyak mengandung minyak dan membuat para ibu harus memikirkan minyak yang terbaik untuk digunakan, untuk menjaga kesehatan dan kebutuhan keluarga. Salah satu minyak yang bisa sahabat Duma pilih adalah minyak Kanola. Yuk, cari tahu minyak kanola dan manfaatnya di sini!

Minyak Kanola dan Manfaatnya

Jenis minyak dan kandungannya via freepik ala duniamasak Minyak Kanola dan Manfaatnya Cari Tahu di sini!
Minyak via freepik

Minyak kanola adalah minyak nabati yang asalnya dari biji tanaman kanola. Minyak kanola mengandung berbagai jenis lemak yaitu, lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda. Secara nutrisi, satu sendok makan minyak kanola terkandung 124 kalori dan 16% vitamin E. Tidak hanya itu, minyak ini juga mengandung 64% lemak tak jenuh tunggal dan 28% lemak tak jenuh ganda (omega-3 dan omega-6). Kandungan lemak jenuh yang lebih rendah, yaitu sekitar 7% juga terdapat dalam minyak kanola. Berikut ini adaah minyak kanola lainnya:

Baca lainnya  6 Pilihan Bubur Khas Indonesia, Sudah Coba Semuanya?

Menyehatkan jantung

Minyak kanola juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Alasannya karena minyak kanola yang kaya akan omega-3 dan omega-6 dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Mengurangi kolesterol jahat

Minyak kanola dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL/low density lipoprotein) dalam darah. Pasalnya, minyak kanola memiliki kadar lemak jenuh yang rendah, dan kandungan lemak tak jenuh yang tinggi pada minyak kanola dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL/high density lipoprotein) dalam darah.

Mencegah kerusakan sel

Minyak kanola mengandung lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan dapat membantu menjaga kadar gula darah. Artinya, risiko diabetes akan lebih rendah, dan lebih jauh lagi. Jika rutin mengonsumsinya, minyak canola juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca lainnya  Ketahui Cara Memasak Udang Dengan Benar

Mengurangi peradangan

Sebuah penelitian menemukan, bahwa kandungan minyak kanola yang mengandung lemak tak jenuh dapat membantu mengurangi risiko peradangan. Dengan demikian, risiko terkena berbagai penyakit kronis juga akan berkurang.

Menjaga gula darah tetap stabil

Vitamin E dalam minyak kanola berguna untuk mencegah kerusakan sel. Pasalnya, vitamin E bersifat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!