4 Makanan Bumbu Petis yang Nikmat Tiada Tara

Rekomendasi makanan bumbu petis Jawa Timur via freepik ala duniamasak

Petis merupakan bumbu asli dari Indonesia yang terbuat dari kuah pindang ikan atau udang yang dipanaskan hingga cairan kuahnya menjadi kental seperti saus yang pekat kemudian ditambahkan karamel gula batok sehingga warnanya menjadi cokelat kehitaman. Biasanya, bumbu ini digunakan sebagai bahan penyedap makanan serta paling sering ditemukan pada hidangan khas Jawa Timur dan daerah di sekitarnya. Olahan makanan yang telah ditambahkan bumbu cokelat kehitaman ini, akan menjadi lebih lezat dan terasa rempahnya. Berikut rekomendasi 4 makanan bumbu petis yang nikmat tiada tara:

Makanan Bumbu Petis yang Enak dan Lezat

Aneka soto ala DuniaMasak via wisataindonesia.xyz
Aneka soto via wisataindonesia.xyz

Tahu Tek

Tahu tek adalah makanan berbahan dasar tahu yang digunting lalu dibunyikan hingga menghasilkan suara tek..tek..tek. Tahu tek terbuat dari tahu goreng setengah matang, lontong, kentang goreng, taoge, dan irisan timun lalu disiram dengan bumbu petis yang mirip bumbu pecel. Tak lupa juga menambahkan taburan kerupuk udang kecil diatasnya.

Baca lainnya  5 Asupan Gizi yang Sehat Untuk Si Kecil, Perhatikan ya Bunda!

Tahu Campur

Selain tahu tek, terdapat juga olahan tahu yang menggunakan bumbu petis yaitu tahu campur. Terbuat dari tahu goreng, perkedel singkong, taoge, selada air, dan mie kuning kemudian disiram dengan kuah kaldu yang berwarna coklat serta bumbu petis yang nikmat. Hidangan ini juga biasanya ditambahkan topping kerupuk udang, potongan daging dan babat, bawang goreng, serta sambal untuk menambah kelezatannya.

Rujak Cingur

Nah, makanan ini adalah yang paling populer di Jawa Timur yang menggunakan tambahan bumbu petis. Rujak cingur terbuat dari sayuran, buah, serta mulut sapi yang telah direbus lalu disiram dengan bumbu kacang dan petis udang sebagai bumbu utama. Β Umumnya, rujak cingur bisa dihidangkan dengan 2 cara penyajian yaitu biasa dan matengan namun keduanya tetap menggunakan bumbu yang sama.

Baca lainnya  Manfaat Serta Efek Kopi Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Soto Campur Madura

Soto campur atau campor Sumenep adalah makanan berkuah yang terbuat dari santan kelapa, cingur sapi yang diberi bumbu serta tambahan bumbu petis. Agar terasa lebih lezat, biasanya banyak orang yang menyantap soto ini didampingi dengan kroket Β Makanan ini terbilang sangat sukar ditemukan di daerah lain kecuali Madura.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!