4 Tanaman Dapur yang Dapat Tumbuh Subur di Pot Kecil

tanaman dapur tomat via freepik ala tim duniamasak.com

Sahabat Duma yang hobi memasak maupun menanam wajib sekali membaca artikel dari Duma kali ini. Menanam tanaman akhir-akhir ini memang menjadi salah satu kesukaan banyak orang. Mulai dari menanam buah, tanaman hias hingga tanaman sayur dan bumbu dapur. Bila sahabat Duma menyukai memasak dan menanam maka akan sangat bagus bila kita menanam tanaman dapur. Karena dengan menanam tanaman yang sering kita pakai untuk memasak, kita dapat menghemat uang belanja kita.

Tanaman Dapur

tanaman dapur via freepik ala tim duniamasak.com
Menanam via freepik

Tanaman dapur bisa berupa sayur maupun bumbu masakan yang sering kita gunakan untuk melengkapi masakan. Menanam tidak harus memerlukan lahan yang luas lho sahabat Duma! Kita dapat memanfaatkan wadah, pot, dan juga botol minuman bekas yang sudah tidak terpakai. Berikut ini adalah tanaman yang dapat tumbuh subur di pot kecil:

Tomat

Tomat adalah tanaman yang memiliki peran penting untuk urusan masak-memasak. Rasa asam tomat yang khas membuat masakan menjadi lebih terasa lezat. Untuk menaman tomat, yang sahabt Duma butuhkan adalah biji tomat yang telah dikeringkan. Sahabat Duma dapat memanfaat tomat yang sudah lembek kemudian pisahkan bijinya, dan keringkan bijinya. Bila biji tomat sudah kering, dapat langsung di tanam di dalam pot dan pastikan pot tersebut berisi tanah yang subur. Jangan lupa untuk meletakkan tangkai bila tanaman tomat sudah tumbuh, agar menghindari batang tomat patah.

Baca lainnya  Sedotan Reusable Inilah yang Cocok Untukmu!

Seledri

Aroma seledri yang segar dan memiliki rasa yang khas tentunya menjadikan seledri disukai banyak orang. Menanam seledri pun cukup mudah karena tidak memakan tempat yang banyak. Seledri ternyata dapat tumbuh dengan subur bila bagian batang seledri celupkan kedalam air. Cukup potong bagian bawah seledri kemudian masukkan seledri kedalam wadah berisi air hangat dan letakkan wadah tersebut menghadap matahari setiap harinya.

Cabai

Bahan masakan yang stau ini juga tidak kalah pentingnya. Pasalnya bila harganya sedang meroket, bahan masakan yang satu ini bisa menyaingi harga daging sapi. Ya, cabai salah satu tanaman dapur yang dapat sahabat Duma pertimbangkan untuk ditanam di rumah. Cukup keringkan biji cabai dan tabur biji dalam pot kecil dan siram secara rutin. Pindahkan cabai ke pot yang lebih besar bila sudah tumbuh.

Baca lainnya  Manfaat Lidah Buaya Selain untuk Kecantikan, Seharusnya Kamu Tahu

Bawang

Bila sahabat Duma memiliki bawang yang sudah tersimpan lama di kulkas, sebaiknya jangan langsung membuang bawang tersebut. Karena bawang termasuk tanaman dapur yang mudah ditanam. Sahabat Duma cukup mengambil beberapa siung bawang, baik bawang merah atau bawang putih. Kemudian akar pada abwang dihadapkan kearah tanah dan ujung bawang dipotong agar tunas mudah tumbuh. Biarkan pot tanaman bawang tersebut terkena matahari.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!