6 Kuliner Balikpapan yang Menggugah Selera

Kota yang berada di Kalimantan Timur ini rupanya memiliki banyak segudang Kuliner yang nikmat. Ya, Balikpapan tidak hanya terkenal dengan kemajuan kotanya namun juga berbagai sajian kulinernya. Bila sedang berada di Balikpapan tidak ada salahnya untuk mampir untuk mencicipi kuliner di kota Balikpapan.

Kuliner Balikpapan

Berkunjung ke kota Balikpapan memang tidak ada salahnya untuk mencoba makanan-makanan khasnya. Apalagi makanan tersebut sangat enak dan beberapa bisa juga dijadikan pilihan sebagai buah tangan. Berikut ini adalah kuliner Balikpapan yang wajib sahabat Duma coba:

Pisang gapit

Kuliner balikpapan pisang gapit via fimela.com ala tim duniamasak.com
Pisang gapit via fimela.com

Pisang gapit atau pisang jepit ini merupakan olahan khas Kalimantan Timur. Pisang yang berbahan dasar pisang gepok setengah matang ini memiliki rasa yang manis dan juga nikmat. Saus manis pada pisang gapit ini berasal dari gula merah.

Bingka kentang

kuliner balikpapan bingka kentang via resepkoki.id ala tim duniamasak.com
Bingka kentang via resepkoki.id

Bingka kentang sangatlah mudah ditemukan di Kalimantan Timur. Bahan utama makanan ini adalah kentang. Dengan rasanya yang manis, bingka ini memiliki banyak varian rasa mulai dari cokelat dan juga gula merah.

Baca lainnya  4 Pilihan Hampers Untuk Lebaran 2021

Bubur gunting

kuliner balikpapan bubur gunting via apahabar.com ala tim duniamasak.com
Bubur gunting via apahabar.com

Bubur gunting ini bukan berarti buburnya mirip gunting ya sahabat Duma. Namun proses pemotongan cakwe yang menggunakan gunting. Maka dari itulah dinamakan bubur gunting. Isian bubur gunting ini adalah kuah kental yang manis dan juga cakwe.

Abon kepiting

Abon kepiting via merdeka.com ala tim duniamasak.com
Abon via merdeka.com

Jika pada umumnya abon berisi daging sapi, lain halnya dengan kuliner khas Balikpapan ini. Sahabat Duma akan menemukan kuliner abon yang berasal dari kepiting. Pilihan abon kepiting sebagai buah tangan adalah pilihan yang tepat, karena makanan ini tergolong unik

Roti mantau

roti mantau via sajiansedap.grid.id ala tim duniamasak.com
Roti mantau via sajiansedap.grid.id

Roti mantau adalah sejenis roti yang tidak memiliki isi. Sekilas mungkin terlihat mirip dengan bakpao tanpa isi. Roti ini bisa disajikan dengan dua pilihan, digoreng dan juga dikukus. Terbuat dari tepung, roti ini bertekstur lembut dan enak.

Peyek kepiting

Peyek kepiting via shopee ala tim duniamasak.com
Peyek kepiting via shopee

Makanan yang stau ini memang banyak yang suka, ya peyek. Namun bagaimanakah kalau peyek ini diolah dengan kepiting? Tentunya membuat sebagian orang penasaran ingin mencicipinya. Rasa peyek kepiting ini sangat gurih dan cocok untuk dijadikan camilan saat meminum teh.

Baca lainnya  Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan