7 Jenis Jambu Biji Sehat dan Enak, Coba Satu Jenis Mana Cukup!

7 Jenis Jambu Biji Paling Sehat via freepik ala tim duniamasak

Jika dilihat secara kasat mata pohon jambu biji tidak memiliki perbedaan, namun jika diamati lebih dalam, ternyata jambu biji memiliki banyak varian. Jambu adalah buah tropis yang tumbuh subur di dataran Indonesia. Tidak heran jika kita sering menjumpai buah jambu biji banyak dijual bebas dan harganya pun sangat ekonomis. Berikut ini adalah 7 jenis jambu biji paling sehat dan enak yang wajib kamu ketahui.

Sekilas Mirip Namun Berbeda

7 Jenis Jambu Biji Paling Sehat via freepik ala tim duniamasak
Jambu biji via freepik

Jambu biji yang sering kita temukan sekilas memang terlihat sama, namun apakah kalian tahu bahwa jambu biji memiliki banyak jenis? Jambu biji sangat baik untuk kesehatan, biasanya jambu biji diolah sebagai jus atau manisan jambu. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang jenis jambu, inilah penjelasan tentang 7 jenis jambu biji paling sehat dan enak.

Jambu Biji Kristal

Jambu biji kristal via blanja ala tim duniamasak.com
Jambu biji kristal via blanja

Jambu yang bahasa latinnya psidium guajava ini sangat banyak penggemarnya di Indonesia. Bentuknya yang bulat terkadang agak lonjong ini memiliki dasar yang bergelombang dan rata. Daging pada jambu biji kristal sangat tebal, bersih dan renyah ditambah dengan bijinya yang hanya 3 persen alias sedikit. Berat pada buah ini sekitar 300 gram hingga 800 gram. Selain manis buah jambu biji kristal ini  memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan.

Baca lainnya  Tips Memulai Bisnis Kue Rumahan Yang Menguntungkan

Jambu Biji Sukun

Jambu sukun merah via bukalapak ala tim duniamasak.com
Jambu sukun merah via bukalapak

Jambu yang satu ini terkenal jambu biji tanpa biji, wah membingungkan bukan? Memang betul jika jambu ini tidak memiliki biji sama sekali. Nama sukun yang menempel pada jambu ini berarti “tidak memiliki biji”. Jambu ini sangat terkenal karena rasa dan aromanya yang enak, tekstur pada buah jambu biji sukun ini juga lebih keras mirip dengan buah apel.

Jambu Biji Tukan

Jambu tukan via kabartani.com ala tim duniamasak
Jambu tukan via kabartani.com

Jambu biji tukan adalah jambu biji yang berasal dari Thailand. Jambu ini biasanya dipetik pada saat jambu setengah masak, karena jika terlalu masak rasanya tidak terlalu manis dan kurang enak. Jika di Indonesia jamu biji tukan biasanya disebut Jambu Kurap yang diameter buahnya sekitar 15 centimeter dengan berat rata-rata 1200 hingga 1700 gram.

Jambu Biji Susu

Jambu biji susu via alihamdan.id ala tim duniamasak.com
Jambu biji susu via alihamdan.id

Apakah kalian pernah mencoba jambu biji susu? Nah ternyata jambu biji susu ini adalah nama lain dari jambu biji pasar minggu. Jambu biji susu sangat terkenal, bahkan rasanya yang manis hampir mirip dengan susu. Selain rasa, daging buahnya yang berwarna putih juga sangat mirip dengan warna susu. Jambu biji susu juga ada yang berwarna merah dan dikenal dengan sebutan jambu pasar minggu namun yang lebih populer adalah jambu biji susu yang berwarna putih ini.

Baca lainnya  Menu Akhir Tahun Favorit Keluarga yang Bisa Kamu Siapkan di Rumah!

Jambu Biji Variegata

Jambu biji variegata via jualo.com ala tim duniamasak
Jambu biji variegata via jualo.com

Dari Namanya saja terdengar asing ya sahabat duma? Ya, jambu ini memang langka dan unik. Daun pada pohon jambu ini memiliki warna campuran putih dan hijau. Buahnya memiliki diameter sekitar 4 centimeter. Buah ini memiliki daging yang berwarna putih dan kurang begitu manis.

Jambu Biji Bangkok

Jambu biji bangkok via bibitbuahku.com ala tim duniamasak.com
Jambu biji bangkok via bibitbuahku.com

Buah yang berasal dari Bangkok ini memiliki daging buah yang sangat tebal dan berwarna putih. Tidak hanya itu, jambu biji Bangkok juga memiliki biji yang sangat sedikit, sehingga sangat mudah bagi kita untuk mengkonsumsinya. Rasa dagingnya juga manis dan renyah, buah ini aman dimakan sehari-hari karena rasa manisnya masih tergolong rendah.

Jambu Biji Getas Merah

Jambu getas merah via tanamanmart.com ala tim duniamasak.com
Jambu getas merah via tanamanmart.com

Asal dari buah ini adalah dari Lembaga penelitian getas, Salatiga. Dengan persilangan antara jambu biji pasar minggu dengan jambu biji Bangkok. Buah jambu biji getas merah memiliki daging berwarna merah dengan tampilan luar yang berwarna hijau mengkilap. Buah ini memiliki produktivitas yang tinggi karena dapat berbuah setiap tahunnya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!