Apa Itu Kopi Kombucha? Yuk Cari Tahu!

Kopi kombucha via freepik ala tim duniamasak.com

Tidak dapat dipungkiri, bahwa kopi memang semakin nikmat apabila dicampur dengan ragam bahan makanan yang pas. Apalagi dengan penambahan bahan makanan tersebut menambah list manfaat dari kopi itu sendiri. Berbicara soal campuran minuman kopi, kali ini kita akan membahas kombucha sebagai salah satu bahan campuran kopi yang sehat. Yuk kita cari tahu apa itu kopi kombucha!

Kenali Kopi Kombucha Lebih Dekat

Kopi kombucha via freepik ala tim duniamasak.com
Kombucha via freepik

Kombucha sendiri bukanlah nama yang asing bagi dunia pangan dan kesehatan. Minuman ini berasal dari jamur SCOBY/ bakteri SCOBY (Symbiotic Colony Of Bacteria and Yeasts) yang menghasilkan bakteri sehat, utamanya untuk kesehatan pencernaan. Dikatan jamur dikarenakan bentuk dari SCOBY yang menyerupai jamur bundar dengan ukuran yang besar. SCOBY ini merupakan biang yang mengandung bakteri dan ragi. Proses pembuatan kombucha dengan cara fermentasi, yaitu dengan menyimpan jamur SCOBY dan air dalam wadah tertutup seperti toples hingga beberapa minggu. Kandungan yang ada pada kombucha diantaranya antioksidan, bakteri baik, vitamin B dan nutrisi lainnya.

Baca lainnya  Kenali Tanda Kerusakan Pada Oven Berikut Ini

Sebagian orang mencampurkan kedua bahan ini dikarenakan manfaatnya. Ya, kopi sendiri telah memiliki manfaat yang baik, ditambah dengan kombucha yang juga memiliki manfaat. Apalagi rasa yang dihasilkan dari pencampuran keduanya sangatlah nikmat. Bagi sebagian orang mungkin akan merasa terkejut, dengan rasa unik yang dihasilkan dari percampuran kombucha dengan kopi ini yang tidak biasa ini.

Rasa kopi campuran kedua bahan ini sangat cocok dijadikan minuman favorit sehari-hari apalagi dengan manfaat yang begitu banyak. Manfaat kopi yang baik bagi pencernaan juga dimiliki oleh kedua bahan ini. Gabungan keduanya menghasilkan minuman yang kaya manfaat. Tidak heran bila kopi ini terkenal dan juga menjadikannya sebagai salah satu kopi terfavorit diberbagai dunia. Hadirnya kopi tersebut merupakan salah satu tren yang baru cara menikmati kopi. Apalagi kopi ini disajikan ketika dingin dan dinikmati ketika cuaca sedang panas.

Baca lainnya  Konsumsi Makanan Sehat ini untuk Kesehatan Jantungmu

Untuk membuat kopi kombucha maka diperlukan fermentasi seperti layaknya membuat kombucha. Dibutuhkan kopi yang berkualitas seperti kopi arabika atau kopi dengan tingkat keasaman lebih tinggi.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *