Apa Sih Perbedaan Telur Biasa dengan Telur Omega 3?

Apa Sih Perbedaan Telur Biasa dengan Telur Omega 3 via freepik ala tim duniamasak.com

Telur memiliki sumber protein yang terbilang murah dan sangat mudah menemukannya. Apalagi dalam pengolahannya telur termasuk simple dan sebagai pelengkap banyak sajian makanan. Nah, sahabat Duma pernahkah menemukan telur omega 3? Apa sih perbedaan telur biasa dengan telur omega 3?

Harga Lebih Mahal Telur Ayam Omega 3, Apa Perbedaan Telur Biasa dengan Omega 3?

fun quiz olahan telur mentah via freepik ala duniamasak Apa Sih Perbedaan Telur Biasa dengan Telur Omega 3?
Telur via freepik

Memang betul bahwa telur omega 3 ini memiliki harga yang lebih tinggi daripada telur biasa. Tentunya dengan harga yang berbeda membuat sebagian dari sahabat Duma berpikir dua kali apa yang membuat telur omega 3 ini menjadi mahal. Berikut ini adalah perbedaan telur biasa dengana telur omega 3:

Warna

Warna dari kuning telur yang mengandung omega memiliki kuning cenderung ke oranye. Selain itu pada kuning telur dengan omega juga tidak mudah rusak atau pecah karena kandungan tinggi dari beta karotennya. Tak hanya itu putih telur omega juga lebih kental dan ketika direbus lebih padat.

Fisik

Jika dilihat dari warna cangkangnya, telur omega-3 dan ayam kampung terlihat sama. Namun, telur omega memiliki cangkang yang lebih keras, sehingga tidak mudah rusak maupun pecah. Telur terlindung dengan baik oleh cangkang yang berkualitas baik, sehingga isinya tidak mudah rusak.

Baca lainnya  Warna Sayuran Yang Lagi Kekinian Banget!

Kolesterol

Telur ini mengandung kolesterol 50% lebih rendah daripada telur biasa. Dalam setiap 100 gram telur ayam omega, hanya ada 150 mg kolesterol. Sedangkan pada telur ayam biasa, dengan jumlah sama, kandungan kolesterolnya bisa berkisar antara 250 hingga 300 mg. Bagi penderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung, asupan 300 mg kolesterol sehari dapat dipenuhi dengan mengonsumsi telur dengan omega jenis ini.

Manfaat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa telur ayam omega 3 memang kaya akan kandungan omega 3 dan bukan menjadi rahasia lagi. Telur omega juga mengandung 340 miligram asam alfa-linolenat (ALA), serta 75-100 miligram asam docosahexaenoic (DHA), yang memiliki sifat anti-inflamasi. Kedua bahan ini bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu mencegah infeksi dan iritasi. Kandungan omega 3 yang ada memiliki manfaat untuk perawatan kardiovaskular, serta mencegah demensia, dan menjaga kesehatan pada mata.

Baca lainnya  Makanan Perayaan Ulang Tahun di Belahan Dunia

Proses perawatan ayam

Harga yang cenderung mahal dan kandungan gizi telur omega karena proses perawatan ayam yang khusus. Telur omega berasal dari ayam yang diberi makan makanan khusus yang membantu produksinya. Makanan ayam ini biasanya memiliki lebih banyak omega daripada ayam biasa. Peternak biasanya memberi ayam makanan yang mengandung ganggang laut dan minyak seperti minyak biji rami. Perlakuan yang baik untuk ayam inilah yang membuat mereka istimewa.

Telur yang satu ini biasanya dapat sahabat Duma temukan di minimarket maupun supermarket dengan label “telur omega” menandakan bahwa telur tersebut mengandung omega 3 yang tinggi. Pastikan untuk menyimpan telur dengan benar di kulkas yang sahabat Duma beli di Duniamasak.com. Simpan pada suhu di bawah 4 derajat Celcius. Hindari memasak telur jika cangkangnya telah pecah dan rusak. Hal ini dapat meningkatkan risiko kontaminasi bakteri.

Harga

Sebagian orang mungkin akan berpikir dua kali apa yang membuat telur dengan kandungan omega 3 ini menjadi mahal. Sebetulnya memang sesuai dengan kandungan omega 3 yang ada pada telur tersebut.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!