Ingin Berkebun Buah di Lahan yang Sempit? Berikut Tipsnya!

Tips berkebun buah di lahan yang sempit ala duniamasak ala Berkebun buah via bibitonline.com

Hai sahabat duma, kamu ingin berkebun buah namun terkendala lahan yang sempit? Nggak perlu khawatir dan risau ya, kali ini tim DuniaMasak akan memberikan tips mengatur lahan kebun yang sempit untuk buah-buahan. Bagi kamu yang ingin berkebun di depan halaman rumah yang sempit, ada tipsnya lho.

Tips Berkebun Buah di Lahan yang Sempit

Berkebun buah via bibitonline.com

Berkebun buah via bibitonline.com

1. Kenali Media Tanam

Jika kamu ingin mewujudkan impian berkebun buah, hal pertama yang harus diperhatikan adalah: kenali media tanam lahanmu. Dalam mewujudkan kebun buah di dalam pot, aspek media tanam adalah aspek penting yang menentukan apakah pohon buahmu bisa tumbuh dengan subur dan berbuah dengan baik atau tidak. Tak hanya memberikan nutrisi, media tanam juga akan menopang postur dari pohon buah di kebun buah milikmu lho!

Terlebih komposisi media tanam yang direkomendasikan untuk kebun buahmu adalah campuran dari kompos, tanah humus, dan arang sekam dengan komposisi perbandingan 1:1:1. Kamu juga bisa mengganti atau mengkombinasikan kompos dengan pupuk kandang.

Baca lainnya  Trik Membuat Sop Buntut Agar Empuk

Perlu diperhatikan tanah yang berada di lingkungan tropis umumnya memiliki kandungan asam yang tinggi, untuk menyiasati itu kamu bisa menambahkan sedikit kapur untuk menetralisirnya. Media tanam ini bisa kamu gunakan untuk menanam kebun buah di dalam pot. Namun, sampai tanaman buah cukup dewasa, benih tanaman bisa kamu biarkan tumbuh di polybag terlebih dahulu sebelum tanaman cukup dewasa untuk dipindahkan ke dalam pot.

Pahami Tanaman yang Cocok untuk Kebun Buah

Tidak semua buah bisa cocok untuk kamu aplikasikan pada kebun buah dalam pot milikmu. Memilih benih buah yang tepat untuk kebun buah akan membantumu mendapatkan hasil yang maksimal.

Kira-kira buah apa saja yang bisa kamu tanam di lahan yang sempit? 

Jeruk Nipis

Tanaman jeruk nipis cocok menjadi pilihan untuk kebun buah dalam pot milikmu karena memiliki ukuran batang yang tak besar yang mampu beradaptasi saat ditanam di dalam pot.

Baca lainnya  Berikut Cara Menghemat Listrik untuk Kulkas 1 Pintu!

Semangka

Karena termasuk tanaman rambat, kamu perlu menambahkan kayu pada kebun buah dalam pot milikmu untuk menjadi media rambat tanaman agar tanaman semangka tidak merambat kemana-mana. Mungkin, kamu bisa menggunakan kayu palet yang sudah nggak terpakai.

Melon

Menanam melon untuk kebun buah dalam pot milikmu memiliki persiapan yang sama seperti semangka. Kedua tanaman ini juga membutuhkan asupan air yang cukup banyak, pastikan kebun buah milikmu tidak kekeringan. Saat cuaca terlalu panas, kamu juga mungkin perlu meneduhkan kebun menggunakan jaring, agar kebun buah melon dan semangkamu tidak mengalami kekeringan. Kamu bisa mengakali dengan memasang kanopi.

Nanas

Memiliki tanaman yang tidak tinggi dan tidak memakan banyak ruang, tanaman nanas merupakan pilihan pas untuk menjadi salah satu tanaman untuk kebuh buah dalam pot milikmu. Bentuknya yang unik menjadikan tanaman ini juga cocok untuk menjadi tanaman hias. Tak memiliki perawatan khusus, tanaman nanas bisa dipertimbangkan untuk kebun buah milikmu.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!