Memilih Biji Kopi Terbaik, Gunakan Tips Ini Yuk!

Memilih biji kopi terbaik ala duniamasak via pexels.com

Hai sahabat duma, kali ini tim duniamasak ingin membagikan informasi penting bagi kamu pecinta kopi nih! Kamu termasuk penggila kopi nggak sih? Jika iya, mungkin sebagian besar kamu sudah memahami bagaimana cara memilih biji kopi terbaik. Bagi kamu yang ingin belajar banyak soal biji kopi, nih tim duma punya informasi lengkap seputar memilih biji kopi terbaik, yuk simak!

Ciri Khas Biji Kopi Terbaik

Biji kopi terbaik via pexels.com

Biji kopi terbaik via pexels.com

1. Perhatikan Tanggal Sangrai Biji Kopi

Langkah pertama saat kamu membeli biji kopi adalah pastikan bahwa kamu harus mengetahui kapan biji kopi tersebut disangrai. Hal ini sangat penting untuk memastikan kamu mendapatkan kopi yang masih segar atau fresh. Jika kamu mendapatkan kopi yang masih fresh, maka kualitas kopi tersebut biasanya juga sangat baik.

2. Mencium Aroma Biji Kopi

Selanjutnya, kamu dapat mencium aroma biji kopi nusantara atau kopi lain yang kamu beli dari penjual kopi. Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui apakah biji kopi tersebut memiliki kualitas yang baik atau biasa-biasa saja. Jika biji kopi memiliki aroma yang tebal, maka kualitasnyapun sudah dapat dipastikan baik. Namun, jika biji kopi tidak tercium wanginya, maka kualitasnya pun sangat diragukan.

Baca lainnya  Resep Aneka Olahan Dari Kulit Ayam

3. Belilah dalam Jumlah Sedikit Terlebih Dahulu

Jika kamu menemukan jenis kopi baru yang baru pertama kali kamu temui, maka sebelum membeli dalam jumlah banyak, sebaiknya belilah dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Jika kamu sudah merasa cocok dengan biji kopi tersebut, maka kamu dapat membeli dalam jumlah banyak atau sesuai dengan yang kamu inginkan.

4. Pahami Kualitas Biji Kopi

Memilih biji kopi terbaikย  dapat dengan mudah menentukan atau mengetahui kualitas kopi, maka akan lebih baik jika kamu mencari banyak referensi mengenai kualitas sebuah kopi. Selain itu, kamu dapat pula mencari banyak rekomendasi dari beberapa teman yang telah mencoba sebuah kopi atau mengenai rekomendasi agen kopi terbaik. Kamu juga dapat memperoleh informasi dan rekomendasi dari beberapa forum diskusi pecinta kopi online serta mencari referensi dari para ahli kopi yang telah berpengalaman.

Baca lainnya  10 Makanan yang Wajib Disuguhkan pada Saat Pesta Pernikahan

5. Lakukan Eksperimen dengan Biji Kopi Lain

Meskipun kamu telah mencoba dan merasa cocok dengan salah satu jenis kopi tertentu, ada baiknya dan sangat disarankan untuk tetap bereksperimen dengan cara mencoba biji kopi dengan jenis yang berbeda. Selain dapat menambah pengetahuan, hal ini juga akan membuatmu lebih peka untuk dapat membedakan mana kopi yang memiliki kualitas baik dan mana biji kopi yang memiliki kualitas biasa saja. Tips di atas dapat kamu terapkan untuk memilih biji kopi selanjutnya ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!