Cara Membersihkan Pisau yang Benar Agar Tidak Berkarat

cara membersihkan pisau via freepik ala tim duniamasak.com

Pisau merupakan suatu alat yang digunakan untuk memotong benda. Pisau tersebut memiliki dua bagian inti yakni mata pisau dan gagang pisau. Pisau memang sangat membantu kehidupan manusia dalam berbagai hal, terutama dalam kegiatan memasak. Maka dari itu, perlu diperhatikan tingkah higienis dari pisau karena hal tersebut berhubungan dengan apa yang kita konsumsi. Karat akan timbul pada mata pisau dikarenakan terbentuknya reaksi redoks antara bagian mata pisau terbuat dari logam dan oksigen dengan bantuan air atau kelembaban udara. Untuk mengurangi kemungkinan berkarat, pada umumnya bagian logam pada pisau akan dilapisi dengan krom. Namun, hal ini hanya meminimalis dan karat tetap dapat timbul pada bagian logam. Berikut ini adalah ulasan cara membersihkan pisau dengan benar.

Apakah pisau yang berkarat berbahaya bagi kesehatan ?

Pisau arcos boning knife via duniamasak
Pisau arcos boning knife via duniamasak

Sebenarnya penggunaan pisau yang berkarat tidak berbahaya. Namun, berhubung dengan sifat karat yang korosif (pengikisan) dari krom pelapis logam tersebut. Ditakutkan apabila bagian krom pelapis yang terkikis ikut tertelan. Hal tersebut sangatlah berbahaya dan dapat menyebabkan keracunan logam berat. Keracunan logam berat pada manusia dapat menimbulkan berbagai masalah dalam kesehatan seperti gangguan ginjal dan dapat menyebabkan kanker. Maka dari itu hal terbaik untuk mengatasinya yaitu menjaga tingkat higienis dan sanitasi dengan cara mencegah terjadinya karat pada pisau. Cara membersihkan pisau yang benar agar tidak berkarat dapat sahabat Duma simak dibawah ini.

Baca lainnya  Showcase Cake Hot & Cool untuk Bisnis Kafe

Hindari meninggalkan pisau pada wastafel

Sudah menjadi kebiasaan apabila sesudah menggunakan pisau kemudian langsung menaruhnya di wastafel dan menumpuknya bersama peralatan masak lain yang nantinya akan dicuci. Padahal, pisau akan lebih cepat berkarat ketika dibiarkan terlalu lama di wastafel karena kondisi wastafel cenderung lembab dan berair. Selain itu, besar peluang kedua sisi pisau akan tergores bahkan membuat ujungnya bengkok dan rusak.

Gunakan jus lemon untuk mencuci

Cara membersihkan pisau dengan jus lemon terbukti dapat mencegah dari karat sekaligus dapat menghilangkan bau menyengat dari barang yang sebelumnya dipotong oleh pisau tersebut. Hal tersebut dikarenakan buah lemon memiliki aroma yang kuat. Lemon juga dapat bertindak sebagai pemutih pisau untuk membersihkan sudut yang kotor dari pisau tersebut. Pastikan tidak terlalu lama mencuci menggunakan lemon dan segera bilas dengan air dingin.

Segera keringkan pisau setelah dicuci

Setelah pisau selesai dicuci maka segeralah keringkan pisau tersebut menggunakan lap kering. Ketika pisau dibiarkan kering tanpa di lap, sebagian air bekas bilasan yang menempel pada pisau akan menguap. Namun ada sisa air yang tidak menguap dan mengendap kemudian mengikis bagian logam pada pisau. Hal tersebut biasanya menimbulkan bercak karat.

Baca lainnya  Kamu Menjalani Proses Menaikan Berat Badan? Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut Ini!

Oleskan minyak goreng pada permukaan pisau

Setelah dicuci dan di lap hingga benar-benar kering, kita dapat mengoleskan minyak goreng pada permukaan pisau. Cukup oleskan tipis satu sampai dua tetes saja kemudian simpan. Minyak goreng juga dipercaya dapat mencegah karat secara ampuh.

Simpan di tempat yang benar

Simpanlah pisau kering di tempat yang kering untuk mengurangi kemungkinan berkarat. Hal tersebut dikarenakan oleh reaksi redoks antara logam pada pisau dan oksigen dengan bantuan air atau kelembaban udara.

Beberapa tips diatas merupakan cara membersihkan pisau yang tergolong mudah dan ampuh untuk menjaga pisau agar tidak berkarat. Karat sangatlah berbahaya bagi kesehatan bila masuk ke dalam tubuh manusia. Maka dari itu, perawatan agar pisau tidak mengalami pengaratan menjadi hal wajib bagi pemakainya, khususnya bagi para ibu rumah tangga yang menggunakan pisau untuk memasak.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!