Catat! Ini Bahan Pengganti Alkohol Pada Masakan

Pengganti alkohol via freepik ala duniamasak

Seringkali saat kita menyantap makanan di restoran, kita akan membaca menu dan bertanya kepada pelayan agar tidak salah memilih menu yang mengandung alkohol. Biasanya, hidangan ini akan banyak ditemui di restoran Asia dan Eropa. Tidak hanya di menu utama, namun juga sering dijumpai pada hidangan penutup. Agar tidak salah paham, ada baiknya kita juga mempelajari bahan-bahan pengganti alkohol pada masakan di restoran, cafe, maupun hotel. Simak 7 bahan penggantinya di bawah ini!

7 Bahan Pengganti Alkohol

7 bahan pengganti alkohol via freepik ala duniamasak
7 bahan pengganti alkohol via freepik

Bir

Pada restoran Eropa, bir digunakan untuk melunakkan daging. Namun, bahan ini bisa digantikan dengan berbagai macam kaldu seperti kaldu ayam, jamur, maupun sapi.

Baca lainnya  Resep Rendang Daging Lezat Menggunakan Panci Presto

Kahlua

Cairan yang biasanya dicampurkan ke minuman kopi ini bisa digantikan dengan ekstrak cokelat. Kahlua juga bisa diganti dengan kopi instan yang telah dicairkan.

Kirsch

Alkohol yang hampir mirip dengan brandy ini biasanya digunakan dalam pembuatan kue black forest. Tentu bisa digantikan dengan bahan lain seperti jus ceri, kismis, raspberry, dan juga sari apel.

Rum

Bahan ini sering digunakan dalam pembuatan kue. Rum tentu dapat diganti dengan jus nanas, sari apel, ataupun sirup gula.

Sake

Selain dijadikan minuman, bahan yang berasal dari Jepang ini sering dipakai dalam masakan. Sake bisa digantikan dengan cuka beras yang mempunyai rasa yang mirip.

Sampanye

Minuman yang biasa disandingkan dengan keju ini bisa digantikan dengan sari apel, jus cranberry, atau ale jahe yang berkarbonasi.

Baca lainnya  Cara Mengolah Makanan Kaleng Agar Lebih Sehat Untuk Sahur

Vodka

Memang banyak bahan yang bisa digantikan dengan sari apel, salah satunya juga adalah Vodka. Sari apel dicampurkan dengan jeruk nipis, maka akan menghasilkan kombinasi yang mirip dengan Vodka.

Demikian 7 bahan pengganti alkohol yang bisa digunakan untuk memasak makanan maupun membuat kue. Perlu diperhatikan juga dalam penggantian bahan alkohol ke non-alkohol agar lebih mendekati rasanya sehingga bisa dinikmati dengan nyaman dan memuaskan. Jadi, bahan pengganti alkohol mana yang paling enak dan mendekati rasa aslinya? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya 😀

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!