Ingin Tahu Lebih Lanjut Seputar Fakta Tentang Kopi?

fakta tentang kopi ala duniamasak via beliefnet.com

Bagi anak muda Indonesia kopi telah menjadi minuman yang telah melekat sebagai lifestyle. Terlebih sudah menjamurnya kedai-kedai yang menyajikan berbagai varian dan olahan kopi di kota-kota besar. Di balik kopi yang semakin mewabah ini, ternyata banyak fakta tentang kopi yang unik dan menarik sekali untuk diketahui. Beberapa akan kami ulas dibawah ini 7 fakta tentang kopi.

Fakta Tentang Kopi

fakta tentang kopi via healthline.com

fakta tentang kopi via healthline.com

1. Bisa Jadi Solusi Anti Pikun-pikun Club

Sebuah studi pada tahun 2014 yang dilakukan oleh peneliti dari Jhons Hopkins University menemukan bahwa kandungan kafein pada kopi dapat meingkatkan kemampuan otak kita untuk menciptakan ingatan yang panjang. Nah, buat kamu yang mudah lupa kopi bisa jadi solusi nih.

 

2. Black Ivory Pesaing Kopi Luwak

Selama ini mungkin kita mengira Kopi luwak sebagai kopi termahal didunia. Kopi dengan cara pembuatan yang memanfaatkan hewan luwak ini memang meiliki rasa yang lezat. Tapi tahukah kamu terdapat jenis kopi lain yang memiliki harga lebih tinggi daripada Kopi Luwak?

Kopi tersebut adalah kopi berjenis Black Ivory dari Thailand. Sama seperti Kopi Luwak kopi jenis ini diolah dengan memanfaatkan hewan, yaitu hewan gajah. Kopi Black Ivory di banrol dengan harga sekitar USD 1.100 per kilogramnya.

Baca lainnya  Rempah Populer di Dapur: Harus Selalu Sedia ya!

3. Ada Kopi Hijau

Selain biji kopi yang berwarna coklat kehitaman ternyata juga terdapat biji kopi berwarna hijau lho. Seperti namanya biji kopi ini benar-benar berwarna hijau karena masih mentah dan belum di panggang. Konon, biji kopi unik ini memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan yang bahkan lebih efektif dari teh hijau. Wah, bagi sahabat duma yang sedang proses diet bisa mengonsumsi ini ya!

4. Tidak Semua Negara Bisa Ditanami Kopi

Kopi rasanya sudah menyebar begitu masif di dunia. Ketenaran kopi membuat banyak sekali kedai kopi bertumbuhan di kota-kota di dunia. Meski begitu, tak semua negara bisa memproduksi kopi lho!Hal ini dikarenakan tanaman kopi membutuhkan cahaya melimpah, sehingga kopi hanya dapat di tanam di sekitar khatulistiwa atau biasa di sebut sebagai “Sabuk Kopi”.

5. Kopi Terpopuler di Dunia

Kamu suka kopi jenis yang mana? Pasti kamu akan memilih anatara kedua jenis ini: Robusta atau Arabica. Dari 50 jenis kopi yang terdapat di dunia ternyata kedua jenis tersebut adalah jenis kopi yang paling sering diproduksi secara komersil. Hal ini mengakibatkan para pemburu kopi lebih sering menemukan kedua jenis ini.

Baca lainnya  Olahan Cemilan dari Buah ini Harus Kamu Cobain Dirumah, Mudah Dibuat & Sehat!

6. Bukan Kafeine

Bukan, bukan Kafeine. Yang mengakibatkan kamu jadi kuat begadang setelah minum kopi ternyata bukanlah kafeine. Melainkan sebuah zat bernama Adenosine. Saat kamu melakukan aktivitas, otak akan melepaskan neuron-neuron yang menghasilkan Adenosine. Secara otomatis sistem tubuh kamu akan memonitor kadar zat tersebut. Jika kadar adenosine dirasa meningkat, kinerja otak akan menurun maka kamu akan merasakan kantuk. Nah saat meminum kopi Kafein dalam kopi akan menempel pada Adenosine sehingga tubuh tidak dapat memonitor kadar Adenosine tersebut.

7. Sempat Jadi Minuman Terlarang

Mungkin kamu sekarang bisa minum kopi dengan bebas dan leluasa. Tapi tahukah kamu jika dulu kopi sempat dilarang di beberapa negara. Pada tahun 1511 kopi sempat dilarang di Mekkah karena kopi dianggap para Ulama dapat merangsang pikiran radikal. Sedangkan pada abad ke 17, Raja Murad IV sempat memberikan hukuman keras bagi warganya yang ketahuan meminum kopi. Di Italia dan Turki kopi juga sempat dipercaya merupakan minuman yang menyesatkan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!