Diet Sehat dengan 5 Manfaat Kacang Tanah Berikut Ini!

Sahabat duma, kacang tanah ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho! Beberapa manfaat berikut bisa kamu jadikan referensi untuk menunjang diet sehatmu! Ya, dengan kacang tanah kamu akan mampu mengatasi solusi diet sehat. Simak penjelasannya di bawah!

Diet Sehat dengan Kacang Tanah

Kacang tanah via alodokter.com

Kacang tanah via alodokter.com

Banyak penelitian yang telah membutktikan bahwa ada beragam jenis kacang yang bermanfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat, di antaranya adalah:

  • Kacang tanah mengandung vitamin E, asam folat, protein, mangan, biotin, serat, magnesium, lemak tak jenuh tunggal, serta kaya akan antioksidan. Kandungan nutrisi ini berperan mengurangi risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menemukan, risiko sakit jantung pada orang yang mengonsumsi 140 gram kacang-kacangan atau lebih per minggu menurun sebanyak sekitar 35%.
  • Membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kandungan kolesterol jahat.
  • Manfaat kacang tanah termasuk mencegah pengerasan arteri serta membantu melebarkan pembuluh darah.

Diet Sehat

Sebenarnya secara khusus manfaat kacang tanah sangat baik untuk mereka yang sedang menjalani diet. Penelitian menemukan, orang yang sering mengonsumsi kacang-kacangan, justru terbantu untuk menurunkan berat badan lho!

Orang yang sedang diet juga akan cepat merasa kenyang setelah mengonsumsi kacang, karena selain bernutrisi, kacang mengandung lemak sehat dan serat. Rasa kenyang itu memungkinkan orang untuk tidak mengonsumsi makanan lebih banyak lainnya.

Baca lainnya  Rekomendasi Tempat Bukber di Kalimantan Selatan

Berikut beberapa tips untuk memanfaatkan kacang-kacangan sebagai makanan ringan yang sehat:

  • Kacang mengandung sekitar 160-200 kalori setiap 28 gram, meski jenis kalori ini hampir semua berasal dari kandungan lemak tak jenuh tunggal. Ini adalah jumlah yang disarankan tiap hari. Angka ini kurang lebih setara dengan satu genggaman tangan.
  • Untuk menghindari konsumsi berlebih, ambil kacang seperlunya dengan mangkuk kecil dan habiskan perlahan-lahan, sehingga kamu dapat lebih mengontrol berapa banyak kacang yang telah dihabiskan.
  • Tempatkan kacang dalam wadah-wadah plastik kecil sebagai camilan untuk dibawa seperti dalam perjalanan atau di kantor. Dalam sehari, jangan mengonsumsi lebih dari wadah yang telah disiapkan ya!
  • Selain kacang dalam bentuk murni, kamu dapat mengonsumsinya dalam bentuk selai. Oleskan selai kacang dengan makanan sehat lain, seperti apel atau roti gandum.
  • Kacang dapat juga ditaburkan ke dalam sereal sarapan pagimu. Campurkan ke yoghurt rendah lemak, salad, ataupun es krim yang juga rendah lemak ya!
  • Kacang rebus adalah pilihan olahan yang sehat. Tetapi, kamu juga dapat memanggang kacang selama 5-10 menit di dalam oven.
Baca lainnya  [QUIZ] Dari OOTD, DuMa Bisa Tahu Tempat Nongkrong yang Cocok Untukmu

Oiya, kamu juga harus menghindari memberikan kacang tana pada anak berusia di bawah lima tahun atau balita, karena dapat membuatnya tersedak. Jika ingin memberikannya, sebaiknya kacang tanah ini ditumbuk terlebih dahulu sampai halus. Waspadai juga kemungkinan alergi, terutama jika keluargamu memiliki riwayat alergi kacang.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan