Kamu Harus Tahu, Tips Makan Ketika Berlayar di Kapal Pesiar

Tips makan di kapal pesiar via mundycruising.co.uk ala tim duniamasak

Kapal pesiar atau bahasa kerennya cruise ship merupakan kapal yang digunakan secara khusus untuk tujuan rekreasi dan hiburan. Bagi para penumpang yang akan menaiki kapal pesiar, biasanya memiliki tujuan untuk menikmati fasilitas di dalam kapal berupa penginapan dan perlengkapan bagaikan hotel berbintang. Rekreasi menggunakan kapal pesiar аdаlаh salah satu pengalaman уаng wajib kamu coba. Pemandangan laut biru yang terbentang luas akan bersatu dеngаn berbagai fasilitas kapal уаng ditawarkan, membuat kamu akan lebih betah berlama-lama dalam perjalanan. Meski memerlukan biaya уаng cukup besar, namun ѕаngаt sebanding dеngаn fasilitas dan pengalaman уаng akan kamu dapatkan selama berada di dalam mewahnya kapal pesiar. Berikut adalah tips makan di kapal pesiar ala tim duniamasak, yuk lanjut dibaca!

Makanan Dalam Kapal Pesiar

Tips makan di kapal pesiar via cruisecritic.com ala tim duniamasak
Makanan di kapal pesiar via cruisecritic.com

Banyak fasilitas yang ditawarkan di kapal pesiar dan salah satu yang paling penting adalah makanan. Layaknya hotel berbintang, perjalanan menyusuri laut menggunakan kapal pesiar akan mempunyai pelayanan уаng maksimal setara dengan kemegahan, kemewahan dan kenyamanan kulinernya dеngаn beragam pilihan menu уаng lezat serta memiliki keunikan tersendiri bagi ѕеtіар orang уаng menikmati hidangan dalam kapal pesiar ini. Namun, ternyata makan di setiap kapal pesiar memiliki kebijakan masing-masing loh. Mari simak tips makan di kapal pesiar yang baik dan benar.

Meminta Jadwal Kegiatan di Kapal Pesiar

Pastikan kamu meminta jadwal kegiatan kapal pesiar setiap hari kepada pihak kapal. Jadwal kapal ini tidak hanya berisi jam makan, namun berisi semua kegiatan kapal bagi para penumpang. Jadwal makan di kapal telah diatur dengan baik dan biasanya ada 3 kali, yaitu sarapan, makan siang, dan makan malam. Hal ini akan mengikuti jadwal kegiatan penumpang selama pelayaran. Jadi, kemungkinan jika kapal berlabuh di suatu kota menjelang siang, maka makan siang akan ditiadakan. Namun, bagi penumpang yang tidak ikut turun ke tempat berlabuh, maka masih bisa menikmati makanan di restoran yang ada dalam kapal pesiar sehingga jadwal sarapan pun diperpanjang karena kondisi tersebut. Selain itu, ada pula yang mengganti ketiadaan makan siang dengan afternoon tea atau menyediakan kudapan di sore hari berupa hidangan kue yang ditemani teh atau kopi. Terdapat kondisi lain yaitu jika waktu berlabuh melebihi jadwal makan malam, maka pihak kapal akan menyediakan perpanjangan waktu makan malam bahkan terdapat juga jadwal makan malam di waktu tengah malam yang dinamai supper. Namun, penyediaan makanan ini hanya dalam restoran yang telah ditetapkan di jadwal.

Baca lainnya  Jangan Beri Jenis Makanan Berikut ini untuk Si Kecil

Tema Pakaian Saat Makan

Terdapat beberapa restoran dalam kapal pesiar yang menerapkan aturan dress code tertentu ketika jam makan. Biasanya, aturan pakaian saat makan ini yang terpenting adalah berpakaian rapi dan santai, namun perlu diketahui bahwa tidak demikian dengan restoran dengan konsep fine dining yang dituntut formal. Setiap tamu yang masuk diharapkan memakai pakaian rapi dan memakai sepatu. Hal ini dikarenakan aturan restoran yang mengharuskan demikian, terlebih lagi pelayanan dan cara makan di dalamnya berupa fine dining. Restoran ini umumnya mempunyai jam buka pada malam hari saja alias untuk waktu dinner.

Datang Lebih Awal ke Restoran

Hidangan dalam kapal memang cukup beragam dan sangat lengkap, apalagi jika disajikan dengan cara prasmanan. Jumlah penumpang dan kapasitas tempat duduk kadang belum sebanding dengan makanan yang telah disiapkan, maka dari itu penumpang yang ingin makan perlu untuk mengantri. Untuk mengakali hal ini, kamu dapat menghindarinya dengan datang lebih awal dari jadwal yang telah ditentukan sekitar 10-15 menit.

Baca lainnya  Penting, Berikut Efek Samping Kopi Bagi Laki-laki!

Terdapat Makanan Halal dan non-Halal

Menu makanan di kapal pesiar bergantung pada mayoritas penumpang berasal. Oleh karena itu, jika paspor penumpang lebih banyak dari negara non muslim, maka menu-menu yang disajikan pun kebanyakan non halal. Namun jika penumpang banyak dari negara muslim, makanan halal pasti akan tersedia untuk dinikmati. Tenang, hal ini bisa diperkirakan dari rute-rute pelayaran kapal pesiarnya. Jadi, pastikan perencanaan perjalanan kapal pesiar kamu memilih kapal pesiar yang tepat, terutama untuk makanannya.

Mencari Restoran Gratis

Makanan yang ada di kapal pesiar memang terbilang cukup lengkap dan terdapat banyak pilihan restoran di dalamnya. Restoran-restoran tersebut ada yang gratis bagi penumpang dan ada juga yang berbayar. Bagi yang gratis, jadwal makan sudah ditentukan oleh pihak kapal. Bagi yang berbayar, ada yang buka 24 jam dan ada juga yang buka di jam-jam tertentu.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!