Kedai Es Krim Paling Bersejarah di Jakarta, Gimana ya Ceritanya?

Kamu termasuk salah satu penggemar es krim? Jika kamu salah seorang penggemar es krim, kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan beberapa kedai es krim paling bersejarah di Jakarta ini. Nah, bagi kamu yang belum tahu informasinya, simak dulu penjelasan tim DuniaMasak berikut ini!

Sejarah Kedai Es Krim di Jakarta

1. Ragusa

Ragusa bisa disebut sebagai perintis es krim di Jakarta. Kedai es krim yang satu ini sudah ada sejak tahun 1932 kini kedai es krim tertua di Jakarta ini telah berusia 86 tahun. Duo bersaudara asal Italia, Luigi Ragusa dan Vicenzo Ragusa adalah perintis sekaligus asal nama Ragusa.

Kedai Es Krim Ragusa Es Italia via inisayadanhidupsaya.wordpress.com

Kedai Es Krim Ragusa Es Italia via inisayadanhidupsaya.wordpress.com

Dahulu es krim Ragusa hanya dijual setahun sekali lho! Es krim dijual saat pasar malam di Pasar Gambir diselenggarakan. Es krim unggulan di Ragusa adalah Tutti Frutti dan Cassata Siciliana. Hal yang menarik dari Ragusa adalah dekorasi ruang serta alat makan yang masih tampak seperti dulu kala. Dijamin deh kamu akan betah berlama-lama di Ragusa. Petugas melayani pengunjung yang datang untuk menikmati es krim Baltic di kawasan Kwitang.

Baca lainnya  LONGTANG Indonesia, Minuman Premium Yang Sehat Dengan Bahan Alami

2. Baltic Ice Cream

Kedai es krim ini didirikan tahun 1939. Zaman itu menyantap es krim hanya dapat dilakukan oleh kalangan atas atau kalangan kelas ekonomi menengah ke atas. Penyajian Ice Cream Baltic dulu disajikan dalam mangkuk-mangkuk keramik dan dalam bentuk stik. Namun kini telah berubah. Ice Cream Baltic bergerak mengikuti zaman dengan berbagai inovasi yang dilakukan seperti penambahan varian rasa, pembaruan logo dan dekorasi toko, serta penambahan moto ”Ice Cream Tempo Doeloe”.

Es Krim Baltic via busybuzzlightyear.wordpress.com

Es Krim Baltic via busybuzzlightyear.wordpress.com

Rasa es krim baltic sangat beragam mulai dari cokelat, vanila, stroberi, sampai rasa masa kini seperti green tea, peppermint tea, dan aneka buah tropis. Dimulai dari Rp 5.700 hingga ratusan ribu rupiah untuk tart es krim yang cocok untuk ulang tahun. Inovasi menjadikan Ice Cream Baltic dapat bersaing dengan es krim modern. Letak kedai sekaligus pabrik dari Ice Cream Baltic berada di Jalan Jalan Kramat Raya Nomor 12, Kwitang, Jakarta Pusat. Es krim Tjan Njan di Cikini, Jakarta Pusat.

Baca lainnya  Ternyata Ini Loh Nama Kukusan Bambu Dim Sum

3. Tjan Njan

Kedai es krim ini Pertama kali dilucurkan tahun 1951 dengan kedai es krim di daerah Cikini. Sayang kini es krim Than Njan tak lagi memiliki kedai. Sejak tahun 1991 kedainya tutup dan lokasinya kini berganti menjadi Hotel Cikini. Namun es krim Tjan Njan tetap bertahan, didistribusikan di beberapa rumah makan daerah Cikini.

Salah satunya di sebuah kios pempek yang berada di Jalan Cikini IV, patokannya sebelum rumah makan Gado-gado Bon Bin yang tak kalah legendaris. Es krim Tjan Njan memiliki logo khusus yakni logo panda yang sedang mengacungkan jempol. Rasa kopyor dan durian menjadi favorit pelanggan sejak dahulu, termasuk keluarga Bung Karno dan Keluarga Cendana. Satu cup es krim Tjan Njan kini dihargai Rp 13.000.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!