Kenali Tanda Kerusakan Pada Oven Berikut Ini

tanda kerusakan pada oven via freepik ala tim duniamasak

Penggunaan oven untuk kebutuhan rumah tangga dan usaha bakery atau kuliner memang sangat vital. Dengan adanya oven, kegiatan mengolah makanan atau membuat kue sangat terbantu sebab proses memasak atau memanggang kue akan menjadi lebih praktis. Lebih-lebih jika yang dipergunakan adalah oven listrik yang sudah memiliki sistem otomatis dalam hal timer, tingkat suhu dan fungsi-fungsi otomatis untuk penghangat, pemanggang atau baking. Sayangnya, terkadang muncul kendala ketika terjadi kerusakan pada oven sehingga mengalami kemacetan. Hal ini tentu akan menghambat proses pengolahan makanan dan mengganggu produktivitas bisnis Anda.

Kenali 5 Tanda Utama Oven Anda Mengalami Kerusakan Ini

Steam Oven FOTILE via duniamasak.com
Steam Oven FOTILE via duniamasak.com

Ada peristiwa ketika adonan kue atau bahan makanan sudah siap dipanggang dan kita dengan santai menutup oven lalu menyalakan setting pemasakan dan timer pada oven lalu melanjutkan kegiatan yang lain. Namun pada waktu yang diekspektasikan, ketika Anda memeriksa adonan tersebut yang terjadi adalah ternyata adonan tetap pada kondisi semula. Bahkan, oven terasa panas pun tidak. Padahal, jika diperhatikan lampu dalam oven dan timer tetap bekerja.

Awas! Ini adalah tanda-tanda oven Anda mengalami kerusakan. Kerusakan pada oven secara umum terjadi sebab gangguan sistem kelistrikan di dalam oven alias konsletting. Jika tidak segera ditangani, hal ini akan merembet pada bagian-bagian oven yang lain dan mengakibatkan kerusakan permanen pada oven Anda.

Baca lainnya  Tips Mengocok Telur Agar Mengembang Sempurna!

Untuk mencegah terjadinya kerusakan permanen pada oven, ulasan berikut ini akan mengajak Anda untuk lebih mengenali 5 tanda utama oven Anda mengalami kerusakan.

Lampu dan Timer Sudah Menyala, Namun Masakan Tidak Matang

Semua sudah terlihat beres, namun terjadi kejutan ketika hendak mengangkat adonan pada waktu yang diekspektasikan, yaitu ternyata tidak terjadi perubahan apapun pada adonan Anda. Bahkan, oven terasa panas pun tidak. Ini adalah tanda vital utama bahwa oven Anda mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh salah satu elemen listrik di dalam oven.

Lampu dan Timer Tidak Berfungsi Sama Sekali

Kebalikan dari tanda pertama, oven bisa bekerja, adonan matang, namun lampu dan timer tidak berfungsi sama sekali alias mati total. Pada kasus oven elektrik, hal ini juga disebabkan oleh kerusakan pada sistem kelistrikan di dalam oven.

Oven Tidak Memberikan Bunyi Tanda Masakan atau Kue Anda Sudah Matang

Biasanya, bunyi khas yang ditunggu-tunggu sebagai penanda masakan atau kue telah matang adalah nada “ting!” pada Oven. Nada ini menjadi tanda bahwa kita harus segera mengangkat makanan yang kita panggang. Namun, ketiadaan nada tersebut kadang terjadi, dan ini adalah tanda bahwa oven mengalami kerusakan.

Baca lainnya  Kreasi Kopi Unik yang Wajib Banget Kamu Cobain!

Terjadi Ketidaksesuaian Suhu

Anda menyetel suhu 100 derajat namun yang terjadi suhu tidak sepanas itu atau terlalu panas? Hal ini bisa terjadi pada oven listrik maupun oven gas. Ini adalah tanda vital bahwa oven mengalami kerusakan dan dapat berakibat fatal pada keberhasilan proses pengolahan makanan.

Tingkat Kematangan Adonan Tidak Merata

Lampu dan timer menyala, nada penanda masakan matang berbunyi dan oven pun panas. Saatnya mengangkat masakan yang sudah matang. Namun yang terjadi justru mengejutkan. Bagian luar kue terlihat matang tetapi dalamnya masih berupa adonan basah. Hal ini pasti sangat mengesalkan. Ini adalah tanda berikutnya bahwa oven Anda rusak dan memerlukan servis oleh ahli alat elektronik atau oven gas.

Kerusakan pada oven sering terjadi sebab berbagai faktor. Kurangnya perawatan, tidak stabilnya aliran dan tegangan listrik di dalam rumah, kebocoran gas pada kasus oven gas, dan kerusakan sistem di dalam oven adalah beberapa faktor yang menyebabkan kerusakan oven. Jika oven Anda mengalami 5 tanda utama kerusakan di atas, jangan sampai terlambat, segera hubungi pusat servis oven terdekat di tempat Anda agar oven Anda kembali bekerja secara optimal.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!