Ketahui Fakta Pinata Dalam Perayaan Ulang Tahun di Meksiko

Pinata permen ulang tahun meksiko ala duniamasak

Dalam setiap perayaan ulang tahun, ada saja momen yang bisa diciptakan untuk membuat acara lebih bermakna dan tampak meriah. Salah satunya di negara Meksiko, Amerika Utara. Penduduk disana mempunyai cara tersendiri untuk memeriahkan acara ulang tahun, terutama untuk anak-anak yaitu dengan membuat pinata. Tahukah sahabat Duma tentang sejarah dan fakta pinata hingga bisa dijadikan simbol perayaan ulang tahun di negara Meksiko?

Pinata, Permainan Unik di Hari Ulang Tahun

Sejarah Pinata

Pinata berasal dari bahasa Italia yaitu pignattaย yang berarti bejana yang mudah pecah karena pada zaman dulu pinata terbuat dari tanah liat dan mempunyai bentuk mirip guci. Ternyata permainan pinata awalnya berasal dari Italia. Kemudian permainan ini menyebar sampai ke negara Spanyol. ย Saat Spanyol menduduki wilayah Meksiko, permainan pinata diserap oleh orang Meksiko. Dan sejarah mencatat bahwa bangsa Aztec (nenek moyang bangsa Meksiko) telah memiliki permainan mirip pinata yang dimainkan saat perayaan ulang tahun dewa perangnya. Namun jika diteliti lebih jauh, ternyata awal mula terciptanya pinata adalah datang dari negara Cina. Diyakini bahwa Marco Polo yang memperkenalkan pinata kepada bangsa Italia pada abad XII saat mengunjungi Cina. Bangsa Cina memakai pinata untuk menyambut datangnya musim semi yang bertepatan dengan tahun baru Cina. Pada zaman itu, bentuk pinata dapat beraneka ragam namun umumnya bertema pertanian seperti bentuk lembu dan sapi. Namun di masa kini; bentuk pinata bisa bermacam-macam seperti bentuk unicorn, spongebob, karakter super hero, dan masih banyak lagi.

Baca lainnya  Indonesiaโ€™s Biggest Business Expo 2017, Ajang Promosi Bisnis yang Paling Ditunggu

Isian Pinata

Pada zaman dahulu, pinata terbuat dari kertas kemudian akan diisi dengan 5 macam biji-bijian sesuai dengan tema yang diangkat yaitu pertanian. Pada zaman ini, bukanlah sesuatu yang baru bahwa pinata pasti berisikan mainan kecil serta cokelat dan permen manis yang akan memanjakan lidah anak-anak. Selain itu, biasanya pinata juga diisi dengan berbagai macam benda yang disukai oleh orang yang sedang berulang tahun.

Cara Bermain Pinata

Pinata di hari ulang tahun negara meksiko via freepik ala duniamasak
Pinata di hari ulang tahun negara Meksiko via freepik

Pinata akan dimainkan saat seseorang berulang tahun. Permainan ini dapat dilakukan di ruangan tertutup maupun ruangan terbuka namun biasanya akan dilakukan pada ruang terbuka agar lebih meriah. Tentunya, secara tidak langsung hal ini juga dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika memukul pinata. Orang yang sedang berulang tahun akan ditutup matanya kemudian diminta untuk mengarahkan tongkat pemukul ke arah pinata yang digantung. Pasti orang tersebut akan mengalami kesulitan untuk mencari serta memukul pinata dan disitulah letak keseruan yang menjadi sesuatu hal berharga sekaligus menyenangkan.

Baca lainnya  Kesulitan Memotong Semangka? Begini Caranya!

Setelah mengetahui fakta tentang pinata, apakah ini bisa dijadikan ide untuk permainan ulang tahun sahabat Duma? Tentunya akan sangat menarik dan seru jika dimainkan bersama teman-teman dan keluarga. Selamat mencoba ๐Ÿ™‚

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!