Kangen Cita Rasa Kopi Khas Nusantara? Ke Tanamera Coffee Aja!

Sahabat duma, kali ini tim duma bukan hanya sekedar mengulas restoran dengan ciri utama main course-nya. Tim DuniaMasak berkesempatan untuk mengulas salah satu tempat ‘ngopi’ yang sudah memiliki banyak cabang di Indonesia. Bayangin aja, tempat ‘ngopi’ yang terutama menyajikan kopi khas nusantara satu ini memiliki 7 cabang yang tersebar, diantaranya: Tanamera Coffee Thamrin, Tanamera Coffee Serpong, Tanamera Kebayoran, Tanamera Coffee One Pacific Place, dan Tanamera Coffee Pantai Indah Kapuk. Selain di pulau Jawa Tanamera Coffe juga membuka cabang lain diantaranya Tanamera Coffee Makasar dan Tanamera Coffee Bali.

Discover Tanamera Coffee Indonesia

Kamu tahu nggak sih mengapa tempat ‘ngopi’ yang satu ini dinamai ‘Tanamera’. Tanamera yang berarti ‘tanah merah’ merupakan gambaran dari tanah Indonesia. Yap karena tanah Indonesia mampu menghasilkan biji kopi terbaik. Maka dari itu, mengapa tim duma menyebutnya sebagai tempat ngumpulnya para penikmat kopi nusantara.

Tanamera menyediakan berbagai biji kopi asli yang berasal dari pelosok daerah di seluruh nusantara lho. Bagi kamu yang sedang berada di perantauan dan ingin menikmati secangkir kopi hangat tanah kelahiran, kamu bisa mampir di gerai/cabang Tanamera Coffe.

Kamu akan merasakan cita rasa kopi terbaik dan akan melepaskan rasa rindu akan kopi idaman. Karena Tanamera adalah salah satu gerai kopi yang menyajikan kopi dengan cara di sangrai sehingga kopi akan terasa lebih nikmat dan terjaga kesegarannya.

Tanamera Coffee via dok. Duniamasak.com

Tanamera Coffee via dok. Duniamasak.com

Menariknya, kamu akan menikmati kopi yang berbeda-beda di setiap harinya. Kali ini tim duma mencoba cita rasa kopi dari tanah Batak, kabupaten Sidikalang, Sumatera Utara: Rasuna Natural. Menurut barista, Zaky: Tips yang paling penting untuk menjaga cita rasa dan kesegaran kopi adalah proses pembuatannya. Maksudnya adalah kita tidak boleh melewatkan tiap detail manual brew coffe-nya. Oiya, untuk informasi nih sahabat duma, menurut Zaky, kopi yang paling banyak dicari adalah kopi dari Pangalengan, Jawa Barat.

Baca lainnya  4 Racikan Minuman Jahe yang Membuat Badan Sehat dan Bugar

Pertama, kamu harus menyaring paper filter dengan air panas agar aroma kertas tidak tercampur ke dalam olahan kopi yang akan dibuat. Hal yang harus kamu perhatikan adalah teknis dari espresso basic itu sendiri. Soal suhu dan takaran air benar-benar harus dijaga konsistensinya. Jadi nggak sembarangan membuat ya sahabat duma!

Coffee Brewing Methods via. dok. Duniamasak.com

Coffee Brewing Methods via. dok. Duniamasak.com

Healthy Food ala Tanamera Coffee

Tanamera Coffee didirikan dengan dua tujuan, untuk mempromosikan fakta bahwa tidak ada yang mengalahkan secangkir kopi spesial yang baru saja dipanggang serta menunjukkan dukungan serta semangat untuk arabika Indonesia.

Meskipun terfokus pada olahan kopi spesial nusantara, bagi kamu yang ingin nongkrong dalam waktu yang lama di sini, juga ada healthy food lho! Di Tanamera Coffee menyediakan 3 menu unggulan yang memang sedang happening banget di Indonesia. Apa aja sih?

Nasi Goreng Iga

Nasi Goreng Iga via dok. Duniamasak.com

Nasi Goreng Iga via dok. Duniamasak.com

Menu main course yang satu ini berbeda dari nasi goreng biasanya, nasi goreng iga Tanamera ini berwarna hitam karena menggunakan tinta cumi dan tentunya memiliki tekstur rasa yang legit. Iga bakarnya sangat lembut, mengapa? Karena dimasak hingga 12 jam. Menu ini sangat cocok sebagai menu makan siangmu lho. Buat kamu yang ingin makan siang dengan porsi yang pas jangan lupa mencoba menu yang satu ini. Terlebih lagi nasi goreng khas Tanamera ini dikombinasikan dengan biji ketumbar dengan porsi yang sesuai pula, kaya akan rempah dan harum banget. Menggunggah selera!

Baca lainnya  Ide Unik Menikmati Marshmallow

Salad Emperador

Salad Emperador via dok. Duniamasak.com

Salad Emperador via dok. Dunimasak.com

Salad yang satu ini berbeda dari salad-salad biasanya lho. Salad ini sengaja dibuat sesuai versi american, namun tetap menyesuaikan lidah orang Indonesia. Bedanya adalah jika di Amerika menggunakan daging sapi, di sini menggunakan daging ayam yang di grill. Serta parmesan-nya dibuat menjadi kerupuk, rasa asin dari parmesan sangat cocok berpadu dengan sayuran segar. Salad ini sengaja tidak di aduk dan hanya menggunakan minyak sangat sedikit sehingga tidak akan kamu temukan tekstur lembek dan konsistensi kesegaran sayurnya tetap terjaga. Segar, dan cocok untuk menu diet sehatmu sahabat duma!

Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice via dok. Duniamasak.com

Mango Sticky Rice via dok. Duniamasak.com

Nah, menu dessert yang satu ini memang sedang happening banget ya! Dessert yang satu ini terinspirasi dari dessert khas Thailand. Biasanya sticky manggo rice menggunakan ketan putih yang mana kita tahu ketan putih memiliki rasa yang hambar. Tanamera menyediakan sticky manggo rice menggunakan ketan hitam, sehingga bagi kamu penggila cita rasa manis, menu ini sangat cocok buat pencuci mulut. Ditambah dengan buah stawberry segar dan ice cream vanilla. Enak!

Tanamera Produk Kopi Sumatera Barat via. Duniamasak.com

Tanamera Produk Kopi Sumatera Barat via. Duniamasak.com

Bagi kamu yang ingin kumpul bersama teman-temanmu, hingga ingin merasakan suasana relaxasi yang nyaman sambil ‘ngopi’ pun menikmati menu-menu enak nan sehat. Tanamera Coffe adalah pilihan yang tepat. Mampir ya!

TANAMERA KEBAYORAN
Jalan Ahmad Dahlan no.16 Jakarta Selatan 12130
P +6221 7278 6111
OPENING HOURS
MON – SUN : 6:30 AM – 10:00 PM
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!