5 Kuliner Khas Ranah Minang yang Selalu Dicari!

Kuliner Khas Ranah Minang via dok. duniamasak.com
Bagi kamu pecinta kuliner Indonesia, mungkin sudah tak asing lagi dengan berbagai kuliner khas ranah minang. Banyak banget ragam kuliner khas ranah minang yang bisa kamu coba. Kamu suka yang mana?  

Kuliner Khas Ranah Minang yang Wajib Kamu Coba

1. Sate Padang

Kuliner khas ranah minang yang pertama adalah Sate Padang. Siapa sih yang nggak suka dengan sate Padang? Padang memiliki olahan sate yang sangat khas dan sama sekali berbeda dengan sate-sate pada umumnya. Sate Padang ini terbuat dari daging sapi yang diambil pada bagian kepala, dan diberikan bumbu kental sebagai kuahnya. Bumbu kental ini terbuat dari aneka bumbu dan rempah, sehingga memiliki warna kuning. Rasanya yang gurih dan pedas membuat Sate Padang menjadi makanan favorit bagi pecinta kuliner.

Baca lainnya  Membersihkan Stainless Steel Mudah dan Praktis, Cek di sini Aja!

2. Balado

Balado memang satu ciri khas masakan Padang.  Balado merupakan campuran dari cabe merah yang digiling kemudian di tumis lalu diberikan bumbu. Masakan balado yang paling terkenal adalah balado ikan dan ayam balado, hampir disemua rumah makan padang menyediakan menu hidangan balado. Bisa dibilang makan nasi padang akan terasa kurang lengkap bila tidak disertai dengan sambel (lado).

kuliner khas ranah minang via pinterest

Gulai itiak via pinterest.com

 

3. Gulai Itiak

Gulai Itiak atau gulai bebek khas masakan minang ini sama terkenalnya dan tenarnya dengan rendang. Gulai itiak merupakan salah satu olahan masakan yang legendaris dari ranah minang. Tetapi tidak semua rumah makan padang menyajikan menu ini, karena proses pembuatannya begitu rumit lho! Namun biasanya menu ini seringkali disajikan saat hari raya tiba.

Baca lainnya  Penting: Berikut Ini Sumber Asam Folat untuk Ibu Hamil

4. Kalio Dagiang

Kalio merupakan tahapan pemasakan sebelum daging menjadi sebuah rendang, jika kamu tidak ingin mengeringkan daging yang sedang kamu masak untuk dijadikan rendang. Ketika masih memiliki kuah, maka itu yang disebut dengan kalio. Banyak yang memasak kalio karena rasanya tentu saja kaya akan bumbu dan sangat lezat dilidah.

Rendang kuliner khas ranah minang via pinterest.com

Rendang via pinterest.com

5. Rendang

Tentunya kamu sudah familiar dengan menu yang satu ini yaitu Rendang, makanan yang terbuat dari daging sapi ini merupakan makanan terenak didunia yang masuk dalam CNN. Rasanya yang gurih, dan pedas membuat makanan ini selalu dicari ketika kita masuk kerumah makan padang. Nggak akan puas rasanya jika kamu mencicipi kuliner khas minang tanpa memilih menu ini sebagai yang utama.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!