9 Makanan Pantangan untuk Kamu yang Memiliki Kulit Berminyak

makanan yang harus dihindari kulit berminyak ala duniamasak via pexels.com

Memiliki kulit berminyak berdampak cukup negatif ke kesehatan kulit kita. Tak jarang, jerawat pun seringkali mampir. Hal ini tanpa disadari juga disebabkan karena makanan yang tidak teratur dan menyebabkan kulit berminyak. Oleh karena itu, kamu perlu menghindari makanan beriku ini:

Kulit Berminyak: Hindari Maknaan Ini

kulit berminyak hindari kacang tanah via quora.com

Kacang tanah via quora.com

1. Cokelat

Banyak orang yang beranggapan bahwa cokelat adalah penyebab munculnya jerawat. Memang benar jika dikonsumsi secara berlebihan. Tahukah kamu bahwa di dalam cokelat terdapat kandungan gula yang sangat tinggi dan dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga memungkinkan bakteri, virus atau radikal bebas lainnya masuk dalam tubuh lewat makanan atau rongga hidung dan menyebabkan timbulnya bakteri penyebab jerawat.

2. Kentang Goreng

Kentang goreng mengandung lemak tinggi dan mempercepat timbulnya jerawat. Lemak pada minyaknya mampu mempengaruhi kinerja hormon yang memicu munculnya bintik gatal yang membuat cikal bakal jerawat tumbuh.

3. Bayam

Bayam sangat baik bagi kesehatan karena mengandung zat besi tetapi memiliki kandungan yodium yang tinggi zat yodium dapat memicu kerusakan jaringan kulit di wajah dan memicu munculnya jerawat lho!

Baca lainnya  Fakta Dibalik Praktisnya Kulkas Portable Mini!

4. Kacang Tanah

Kacang tanah mengandung banyak lemak yang jika dikonsumsi berlebihan dapat membuat kulit wajah semakin berminyak.  Nah, minyak pada permukaan kulit wajah juga mampu mengikat dan menagkap debu hasil dari radikal bebas yang bisa menyumbat pori-pori. Lalu kemudian akan membentuk komedo yang perlahan akan berubah menjadi jerawat.

5. Udang Kecil dan Lobster

Udang kecil atau Lobster laut mengandung banyak zat logam dan yodium yang mampu memicu munculnya jerawat. Bagi seseorang yang memiliki alergi terhadap zat yodium maka wajahnya akan timbul banyak jerawat.

6. Susu

Susu sangat baik bagi pertahanan kesehatan tubuh manusia namun susu memiliki kandungan lemak tinggi yang dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat lho! Jika ingin mengonsumsi susu sebaiknya pilihlah susu rendah lemak ya!

Baca lainnya  Membersihkan Wajan Penggorengan Anti Lengket Ala Tim Duma!

7. Buah Strawberry

Strawberry adalah buah yang menyegarkan dan mengandung vitamin C yang dapat meningkatkn daya tahan tubuh dan mencegah penuaan dini, namun zat asamnya mampu menyebabkan jerawat tumbuh disekitar hidung berupa komedo yang lama kelamaan dapat berubah menjadi jerawat batu.

8. Minuman Kopi

Kopi samgat nikmat sebagai teman dalam beraktifitas dan ketika bersantai, namun zat kafein pada kopi dapat meningkatkan hormon stres dan kesulitan untuk mengendalikan suasana hati. ingatlah stres adalah salah satu faktor terbesar munculnya jerawat dan komedo pada wajah.

9. Jenis Keju

kandungn glukosa dan minyaak yang ada di dalam semua jenis keju dapat membuat kulitmu berminyak. Jika terlalu banyak dikonsumsi maka akan mengganggu kestabilan dan kekebalan tubuh bahkan akan memicu munculnya cikal bakal jerawat.

Bagaimana sahabat duma, tentu kamu tidak ingin memiliki kulit yang berminyak bukan? Nah untuk itu, jangan terlalu sering mengonsumsi makanan di atas ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!