Lakukan Hal Ini Supaya Teh Nikmat Ketika Diseduh!

Share artikel ini:

Menyeduh teh pakai tata cara dan aturan? Yap, ternyata, bukan hanya di Jepang saja yang memiliki tata cara dalam menyeduh teh. Aturan dalam menyeduh teh dilakukan agar aroma dan rasa teh tetap terjaga. Menyeduh teh bukan hanya sekadar mencampur daun teh kering ke dalam air panas, diaduk kemudian diminum. Kamu juga bisa lakukan hal ini agar teh nikmat ketika di seduh.

Ketentuan dalam Menyeduh Teh?

Foto Teh Via www.tobasatu.com

Foto Teh Via www.tobasatu.com

Kamu sering menyeduh teh dengan merendam ampas teh di dalam teko atau cangkir? Jangan lakukan hal ini lagi sahabat duma!
Merendam teh maksimal 5 menit saja. Sebab, lebih dari 5 menit zat tannin akan keluar. Tannin merupakan senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan, terasa pahit dan kelat. Sehingga jika kamu merendam ampas terlalu lama, rasa teh akan pahit dan kelat.

Untuk memisahkan ampas daun teh, kamu sebaiknya menggunakan teko atau wadah lain, dan menggunakan saringan. Alat lain yang dapat kamu gunakan disebut sebagai tea infuser.

1.Perhatikan Suhu Air 

Kamu menggunakan air panas menggelegak atau hangat-hangat kuku? Kualitas air sangat berpengaruh terhadap kualiatas teh yang akan kamu seduh. Selain itu, suhu air yang  dimasak juga sangat penting. Kamu sebaiknya menggunakan suhu 100 derajat untuk teh hitam, dan teh oolong dengan suhu 80-90 derajat. Teh hijau kamu cukup menggunakan air dengan suhu 70 derajat, sedangkan teh putih lebih rendah lagi, cukup dengan suhu air 60 derajat.

Baca lainnya  Apasih Kelebihan dan Kekurangan Peralatan Dapur Enamel?

2. Menentukan Takaran Teh yang Diperlukan

Menentukan takaran teh sangat penting nih, sebab kunci dari keberhasilan seduhan teh adalah keseimbangan antara jumlah air dan jumlah teh yang dituangkan. Terlalu sedikit teh akan menyebabkan rasa dan aroma tidak keluar, sebaliknya terlalu banyak teh yang menyebabkan rasa teh menjadi lebih pahit. Resep sederhana adalah satu sendok teh seduh, untuk 1 cangkir ukuran 300 mm. Jika kamu ingin membuat Oolong, gunakan lebih banyak teh. 1 sendok makan teh, untuk 1 cangkir ukuran 300 mm.

3. Pilihlah Teko Keramik 

Teapot Loveramics via DuniaMasak.com

Teapot Loveramics via DuniaMasak.com

Teko untuk tempat menyeduh teh paling bagus berasal dari bahan keramik. Hindari teko berbahan logam sebab aroma bau  teh akan menemel. Sebelum menyeduh teh, kamu sebaiknya membilas teko dengan air panas. Hal ini berguna untuk menjaga kestabilan suhu air sebelum dan saat diseduh.

Baca lainnya  Pengalaman Bersantap Santai & Intim di Patio Venue & Dining, Jakarta

4. Menyeduh Teh

Masukkan tiga sendok kecil teh ke dalam teko. Lalu tuangkan air dengan gerakan memutar agar penyeduhannya merata. Ketika menuang air jangan hanya ke satu sisi, karena bagian yang terkena air terus menerus akan rusak akibat terlalu lama kena panas. Seduhan pertama sebaiknya dibuang karena pada saat pertama kali dituangkan air panas, daun teh yang kering belum membuka dengan sempurna. Seduhan kedua, air jangan sampai memenuhi teko. Beri sedikit ruang agar aromanya lebih kuat. Tutup teko dengan rapat dan diamkan selama tiga menit. Jangan terlalu lama didiamkan ya sahabat duma! Teh siap dituangkan ke cangkir dan siap dinikmati. Begitu juga dengan teh celup ya, diamkan selama tiga menit di dalam cangkir berisi air panas.

Bagaimana? Ubah cara menyeduh tehmu ya sahabat duma!
Dishare yuk!

Share artikel ini:

One thought on “Lakukan Hal Ini Supaya Teh Nikmat Ketika Diseduh!”

  1. Pingback: 5 Tempat Minum Teh Paling Enak dan Nyaman di Jakarta!
  2. Trackback: 5 Tempat Minum Teh Paling Enak dan Nyaman di Jakarta!

Yuk bahas artikel ini!