Makanan Asian dan Western, Apa ya Perbedaannya?

Makanan asian dan western via freepik ala tim duniamasak.com

Negara Indonesia termasuk kedalam negara Asia, sehingga makanan-makanannya pun masuk kedalam makanan Asian. Lain halnya dengan negara-negara yang berada di Eropa dan Amerika, makanan-makanan yang berasal dari negara-negara tersebut masuk kedalam makanan Western. Lantas apa ya perbedaan makanan Asian dan Western? Yuk cari tahu disini!

Makanan Asian dan Western

Makanan asian dan western via freepik ala tim duniamasak.com
Western via freepik

Pengaruh budaya membuat makanan-makanan yang dihasilkan pun memiliki perbedaan. Mulai dari bahan bumbu, rasa dan cara pengolahannya sudah pasti terdapat perbedaan. Berikut ini adalah beberapa hal yang membedakan makanan Asian dan Western:

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang digunakan dalam makanan Asian dan Western sangat terlihat perbedaannya. Bila Asia memilih bahan-bahan yang berasal dari seafood, beras dan juga mie. Maka Western lebih kearah ayam, daging dan juga gandum. Ukuran makanan di Asia yang disajikan pun cenderung dalam ukuran yang kecil atau bite size, hal itu agar memudahkan dalam menggunakan sumpit saat sedang menyantap. Sedangkan makanan Western disajikan dalam ukuran yang besar karena pada saat menyantapnya menggunakan garpu, sendok dan pisau.

Baca lainnya  Terbang ke Aceh: Jangan Lupa Icip Kuliner Khas Aceh ya!

Tidak menutup kemungkinan Wester juga mengonsumi seafood karena tergantung dengan wilayahnya. Begitu juga dengan Asia, ada juga yang mengonsumsi daging dan ayam bila daerahnya berupa daratan.

Rasa

Soal rasa tentunya bagi sahabat Duma yang mencicipi masakan Western dan Asian akan langsung tahu perbedaannya. Asia lebih mengandalkan rempah-rempah sebagai bahan masakannya, sehingga rasa yang dihasilkan pun sangatlah kuat mulai dari asin, manis, asam dan juga pahit. Sedangkan masakan Western lebih ke rasa asin dan manis saja.

Makanya terkadang orang Asia bila orang Asia mencicipi makanan Western akan merasa ada bumbu yang kurang, begitu juga sebaliknya bila orang Western mencicipi makanan Asian akan merasa berlebihan. Namun, itu semua tergantung dari lidah orang masing-masing. Tak jarang bila beberapa makanan Western yang ada di negara-negara Asia akan disesuaikan rasanya dengan lidah orang-orang Asia.

Baca lainnya  Cara Merawat dan Membersihkan Panci Stainless Steel

Lain-lain

Minuman pendamping pada makanan Asian dan Western juga berpengaruh. Bila Asia menggunakan teh sebagai minuman pendamping, lain halnya dengan makanan Western yang mengonsumsi minuman beralkohol seperti Wine.

Selain itu makanan pencuci mulut pada keduanya juga berbeda. Buah-buahan yang segar dipilih sebagai makanan pencuci mulut oleh orang-orang Asia. Kue ataupun ice cream menjadi hidangan pencuci mulut oleh orang Western.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!