Membersihkan Stainless Steel Mudah dan Praktis, Cek di sini Aja!

Stainless-Steel-via-123rf

Hai sahabat duma, sebagian besar dari kita lebih memilih alat masak dengan jenis stainless steel karena jenis alat masak yang satu ini lebih unggul dari jenis alat masak lainnya. Namun, kesulitan yang sering terjadi adalah dalam proses membersihkan kotoran yang membandel setelah menggunakan alat masak ini. Nih tim duma punya cara yang mudah banget untuk membersihkan stainless steel agar bisa kamu praktekkan di rumah!

Membersihkan Stainless Steel dengan Mudah

membersihkan Stainless Steel via 123rf

Stainless Steel via 123rf.com

  • Cara membersihkan stainless steel cukup mudah dan sederhana. Kamu hanya perlu membersihkannya dengan menggunakan sabun, setelah itu bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Cuci alat masak tersebut dengan menggunakan bahan yang lembut dengan sabun pembersih, dan untuk menjaga agar kilaunya tetap nampak jangan sekali-kali menggosok alat tersebut dengan menggunakan alat/spons yang kasar ya!
  • Jangan sembarangan ketika membersihkan atau menggosok alat memasak tersebut. Kamu harus menggosoknya sesuai dengan alur yang melingkar, dengan cara ini kotoran yang berada di sela-sela alur yang melingkar tersebut dapat dibersihkan dengan baik.
  • Jika terdapat sisa masakan yang membekas pada alat masak atau terdapat bekas gosong, jangan sekali-kali membersihkannya dengan menggunakan benda tajam seperti pisau, garpu, sendok atau alat lainnya ya! Karena akan menyebabkan lecet atau gores. Untuk membersihkannya maka kamu bisa menyiapkan air hangat, tuangkan ke dalam alat masak stainless steel, diamkan selama kurang lebih 5-10 menit, dengan begitu kotoran yang membekas akan hilang dengan sendirinya. Jika kotorannya sangat membandel, kamu bisa merendamnya lebih lama lagi.
  • Setelah selesai mencuci alat masak berbahan stainless steel, pastikan kamu mengeringkannya terlebih dahulu sebelum disimpan. Kamu bisa mengeringkannya dengan menggunakan lap bersih, lalu diangin-anginkan.
Baca lainnya  Manfaat Rumput Laut

Tips Merawat Alat Masak Stainless Steel

  • Saat memakai peralatan stainless steel untuk pertama kali, ada baiknya cuci terlebih dahulu peralatan tersebut dengan air hangat yang sebelumnya telah dicampur dengan sedikit sabun dan perasan jeruk nipis ya! Hal ini berguna untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin menempel di peralatan tersebut. Setelah itu, kamu bisa langsung membilasnya dengan menggunakan air bersih dan sedikit sabun.
  • Setiap kali selesai menggunakan peralatan masak ini, segera rendam dalam air hangat. Campurkan beberapa tetes air jeruk lemon untuk  membantu menghilangkan noda yang menempel dengan mudah.
  • Kompor yang dipakai pada permukaan peralatan masak berbahan stainless steel bisa  menyebabkan noda hitam pada peralatan, karena itu sebelum digunakan olesi rasa asam (cuka ataupun air jeruk lemon) agar noda tidak mudah menempel.
  • Jika terlihat warna kecokelatan, cukup beri air mendidih ditambah satu sendok teh garam soda untuk mengangkat noda tersebut.
  • Ketika menyimpan alat masak ini kamu harus menyimpannya di tempat yang baik dan benar. Tempat yang sejuk dan bebas debu merupakan tempat yang sangat dianjurkan untuk menyimpannya.
Baca lainnya  Daftar Makanan Tinggi Serat Berikut Ini Wajib Kamu Konsumsi

 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!