5 Tips Khusus Membuat Ayam Bakar di Malam Tahun Baru

Membuat Ayam Bakar via pexels.com

Perayaaan tahun baru biasanya identik dengan pesta membakar ayam ataupun membakar daging (barbeque party). Masyarakat di seluruh dunia biasanya sudah merencanakan perayaan tahun baru seperti acara membuat ayam bakar bersama seluruh anggota keluarga dan teman terdekat. Sebagai tuan rumah penyelenggara pesta, tentunya kamu ingin hasil ayam bakar memuaskan tamu. Nah, kamu perlu trik khusus dalam membuat ayam bakar yang spesial.

Membuat Ayam Bakar Spesial di Malam Tahun Baru

Pemilihan Ayam

Memilih Ayam via hellosehat.com

Memilih Ayam via hellosehat.com

Demi hasil yang enak maksimal, untuk membuat ayam bakar, sebaiknya kamu memilih ayam berukuran sedang. Tidak memilih ayam dengan ukuran terlalu besar agar bumbu lebih mudah meresap ke dalam serat ayam. ​Jenis ayam negeri yang tebal daging dan lemaknya cocok untuk ayam bakar.​

Potongan Ayam Bakar

​Sebaiknya potong ayam menjadi ​​8​ bagian. ​Atau gunakan ayam dengan potongan yang sama seperti paha bawah (drumstick), paha atas atau fillet ayam. ​​Adanya potongan ini mempermudah menyantap ayam bakar. Kamu juga sebaiknya menyamakan ukuran potongan ayam agar matangnya bisa bersamaan. Selain itu, tetap gunakan kulit ayam meski kamu tidak ingin menyantapnya. Sebab kulit ayam bisa menjaga dari keringnya daging ayam saat proses pembakaran​ dan menjaga ayam tetap juicy.​

Baca lainnya  Manfaat Dibalik Minum Wine

Bumbu

Ada bermacam jenis bumbu atau saus yang bisa dipakai untuk ayam bakar. Kamu tinggal memilih varian dari Indonesia atau Barat. Seperti ayam bakar bumbu kecap yang memakai cabai, bawang putih dan kecap manis. Kamu juga bisa menyiapkan ayam bumbu kuning dengan bumbu halus bawang putih, kunyit, kemiri, merica, dan garam. Jika mau praktis, kamu bisa menggunakan bumbu BBQ siap pakai dalam botol. Pastinya, jangan sampai tidak menggunakan bumbu ya! Karena rasanya akan pahit.

Marinasi Ayam

Marinasi Ayam via Lifestyle.okezone.com

Marinasi Ayam via Lifestyle.okezone.com

Sesuaikan banyaknya bumbu dengan berat ayam agar bumbu meresap dan merata. Tekan-tekan permukaan ayam supaya bumbu meresap. Marinasi ayam selama 1 jam atau semalaman di dalam kulkas. Namun jika bumbu marinasi memakai banyak asam (jus lemon, jus tomat atau cuka), jangan rendam lebih dari satu jam. Sebab asam membuat daging mulai “masak” sehingga menjadikan tekstur dagingnya lembek. Proses marinasi dengan bahan dominan minyak atau sedikit asam bisa dilakukan lebih lama.

Baca lainnya  Beragam Varian Avocado Toast Sebagai Menu Setiap Hari

Pembakaran

Ayam Bakar Via Mangcara.com

Ayam Bakar Via Mangcara.com

Ayam bisa dibakar dalam panggangan api arang, gas atau listrik. Jika menggunakan panggangan arang, kamu sebaiknya cari yang jarak antara permukaan dan tempat apinya agak jauh. Ini membuat api arang lebih awet panasnya dan ayam tidak cepat gosong. Saat proses pembakaran, olesi panggangan dengan sedikit minyak. Lalu tempatkan ayam yang telah dibumbui di atasnya. Olesi kembali ayam dengan sisa marinasi agar rasa bumbu pada ayam makin kuat. Balikkan juga sisi ayam agar matangnya sempurna.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!