Menu Makanan Anak 4 Sehat 5 Sempurna

Menu makanan anak sehat via freepik ala tim duniamasak.com

Seperti yang kita ketahui sejak dulu pemerintah selalu mengkampanyekan makanan 4 sehat 5 sempurna. Kampanye tersebut dilakukan sejak lama bukan tanpa alasan, melainkan pemerintah berharap agar Warga Negara Indonesia menjadi sehat karena mengonsumsi makanan yang bergizi. Menu makanan anak 4 sehat 5 sempurna tentunya memiliki kandungan gizi yang berbeda. Untuk itu tim Duniamasak merangkumnya disini, agar dapat menjadi referensi sahabat Duma.

Apa itu 4 Sehat 5 Sempurna?

Menu makanan anak sehat via freepik ala tim duniamasak.com
Menu makanan anak sehat via freepik

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang memiliki gizi yang baik. Makanan yang termasuk kedalam 4 makanan sehat adalah nasi, sayur, lauk-pauk, dan buah-buahan. Sedangkan untuk makanan ke 5 adalah susu sebagai penyempurnanya. Berikut ini adalah menu makanan anak 4 sehat 5 sempurna:

Makanan pokok

Makanan pokok yang yang termasuk dalam kategori 4 sehat 5 sempurna adalah nasi, jagung, gandum, singkong atau umbi-umbian dan sagu. Seperti yang kita ketahui bahwa nasi adalah makanan pokok yang baik sebagai sumber energi untuk anak. Namun Duma menyarankan untuk mengonsumsi nasi merah. Nasi merah memiliki kelebihan dibanding nasi putih. Hal itu dikarenakan nasi merah kaya akan serat dan memiliki kanudngan karbohidrat yang sederhana. Selain nasi, sahabat Duma juga dapat memberikan umbi-umian, gandum ataupun kentang sebagai menu makanan anak yang sehat.

Baca lainnya  5 Tips Kencan Hemat di Hari Valentine, Tetap Romantis lho!

Lauk-pauk

Lauk pauk yang termasuk dalam kategori 4 sehat 5 sempurna adalah sebagi berikut:

Daging ayam, sapi, bebek, ikan, dan kambing, Mungkin sahabat Duma sudah tahu bahwa ikan termasuk kedalam kategori lauk pauk yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Kandungan omega 3 yang bagus untuk otak menjadikan ikan banyak digemari. Ikan yang baik untuk dikonsumsi oleh anak adalah ikan tuna dan salmon. Selain ikan ada juga daging ayam yang tak kalah terkenalnya. Kandungan protein hewani sangat baik untuk anak. Untuk konsumsi daging ayam sebaiknya jangan dilakukan setiap hari ya sahabat Duma!

Telur memiliki kandungan protein yang tinggi, apalagi pada bagian kuning telur. Mengonsumsi telur sangat bagus untuk anak-anak, namun disarankan hanya 1 butir telur sehari.

Tahu dan tempe siapa yang tidak suka makanan yang satu ini? Terbuat dari kedelai tentunya makanan ini sangat menyehatkan dan enak. Harganya yang murah ditambah dengan kandungan asam amino yang baik untuk tubuh menjadikan tempe dan tahu sebagai menu makanan anak yang tepat.

Baca lainnya  Rekomendasi Meja Makan Unik Ala Duniamasak.com

Sayur-sayuran

Sahabat Duma pastinya membenarkan bahwa sayuran memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Tidak heran bila sayuran pun masuk kedalam kategori menu makanan anak yang wajib disajikan. Sayur-sayuran yang dapat sahabat Duma berikan diantaranya:

Wortel sebagai salah satu sayuran yang terkenal memiliki manfaat untuk kesehatan mata membuatnya wortel sebagai pilihan sayuran yang wajib sahabat Duma sajikan untuk sang buah hati.

Brokoli dan kembang kol adanya kandungan flavonoid dalam kedua sayuran dapat menambah sistem kekebalan tubuh. Sehingga kedua sayuran tersebut sangat baik untuk dikonsumsi.

Sawi memiliki kandungan zat hijau yang berfungsi untuk kesehata tulang. Selain itu vitamin K yang terkandung didalamnya memiliki thiamin, niacin, dan folat.

Buah-buahan

Buah-buahan termasuk kedalam makanan sehat. Buah yang baik dikonsumsi adalah jeruk, apel, anggur, alpukat, sirsak, dan kelengkeng.

Susu

Protein hewani yang ada pada susu sangatlah baik untuk pertumbuhan tulang. Selain itu susu juga dapat menambah energi. Susu yang baik dikonsumsi adalah susu almond, kambing, sapi, dan kedelai. Susu sangat dianjurkan untuk diberikan kepada sang buah hati.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!