Oven Baking, Oven Konveksi, dan Oven Combi, Apa Bedanya?

Share artikel ini:
Oven - Dunia Masak

Oven via blodgett.com

Bagi Anda pengusaha dalam bisnis HOREKA–hotel, restauran, dan katering–pasti sudah tidak asing dengan ragam oven yang kini kian mutakhir. Namun, bagi Anda ibu rumah tangga atau skala industri menengah, mungkin cukup kewalahan dengan jenis oven yang makin banyak variasinya.

Ya, oven, mesin pemanggang roti dan kue, kini sudah berinovasi menjadi mesin yang sarat teknologi. Tentu saja ini erat kaitannya dengan kualitas hasil pemanggangan kue dan kepraktisan dalam penggunaan.

Di beberapa tempat penjualan perkakas kue dan roti, Anda akan menemui tiga jenis oven, yaitu oven baking, oven convection, dan oven combi. Namun, pertanyaan selanjutnya ialah: apa perbedaan dari ketiga oven tersebut?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut. Berikut ini adalah ulasan yang telah dirangkum oleh Duniamasak.com khusus untuk Anda. Check it out!

Oven Baking

Oven Baking - Dunia Masak

Oven Baking – Dunia Masak

Oven pertama yaitu oven baking. Oven baking merupakan model paling sederhana dari oven yang biasa digunakan untuk memanggang kue dan roti. Pada umumnya, terdiri dari beberapa deck atau rak. Pemanasan oven backing bersumber dari gas atau listrik.Pada oven baking suhu pemanasan di dalam oven belum merata, sehingga perlu Anda kontrol untuk mendapatkan kematangan yang sempurna

Oven Convection

Oven Convection - Dunia Masak

Oven Convection – Dunia Masak

Oven convection adalah oven yang telah dikembangkan dengan teknologi kipas internal yang dapat meratakan suhu pemanggangan. Dengan demikian, roti dan kue yang dipanggang dengan oven ini, memiliki tingkat kematangan yang lebih merata.

Baca lainnya  Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Kulkas, Bunda!

Saat Anda menggunakan oven baking, terkadang ada bagian kue yang mentah di dalam tetapi oven baking di bagian luar. Nah, hal ini tidak akan Anda temui lagi saat menggunakan oven convection.

Keberadaan teknologi pemanggang pada oven convection, membuat oven ini dapat beroperasi pada suhu yang lebih rendah, namun dengan waktu yang lebih singkat. Oleh sebab itu, waktu pemanggangan pun bisa lebih cepat dengan kualitas yang lebih baik. Beberapa manfat dari oven convection, yaitu:

  • Hemat Waktu & Energi
    Dengan teknologi kipas yang disematkan, oven convection dapat memangkas penggunaan energi (gas atau listrik) serta mempercepat waktu produksi Anda, bahkan mencapai 25%.
  • Mempertahankan Kualitas Rasa
    Teknologi sirkulasi udara pada oven convection mampu untuk mematangkan roti dan kue tanpa merusak cita rasa.Pada puff pastry (kulit pastry), oven convection akan mematangkan seluruh bagian roti tanpa mengeringkan tepung dan mentega. Hasil pemanggangan pun menjadi renyah tanpa merusak cita rasa roti. Oven convection cocok digunakan untuk membuat kue kering dan crispy seperti puff pastry, croissant, dan danish.
  • Kematangan Merata
    Meski ditempatkan di rak berbeda, kematangan kue akan lebih merata. Hal ini dapat Anda lihat secara nyata pada kue kering dan pie.

Untuk mendapatkan kualitas hasil pemanggangan yang optimal, Anda perlu memerhatikan waktu dan suhu pemanggangan.

Baca lainnya  Kenali Ciri-ciri Kulkas yang Rusak

Oven Combi

Oven Combi - Dunia Masak

Oven Combi – Dunia Masak

Oven combi merupakan oven yang didesain menyatu dengan fungsi lainnya, contohnya saja proofer. Melalui oven combi, Anda dapat melakukan dua (atau lebih) pekerjaan dalam waktu bersamaan. Tentu saja ini dapat mengefisienkan waktu Anda.

Selain itu, keberadaan oven combi juga dapat mengoptimalkan penggunaan ruang. Di beberapa jenis, oven combi bahkan dipadukan dengan fungsi steam. Dengan begitu, selain digunakan untuk memanggang, oven ini pun dapat digunakan untuk mengukus.

Fungsi dari oven combi disesuaikan dengan kombinasi dari mesin yang disematkan. Namun pada umumnya, oven combi yang banyak ditemui di pasaran adalah oven combi dengan fungsi panggang dan proofing.

Demikian perbedaan dari oven baking, oven convection, dan oven combi. Sekarang sudah mengerti, bukan? Bagi Anda yang saat ini sedang mencari oven, pilihlah oven yang tepat, yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet Anda.

Jika mengalami kendala dalam memilih oven baking, oven convection, atau oven combi, silakan menghubungi kami untuk bantuan informasi.

Share artikel ini:

One thought on “Oven Baking, Oven Konveksi, dan Oven Combi, Apa Bedanya?”

  1. Pingback: Hai Bunda, Ini Lho 7 Peralatan Dapur Modern yang Memudahkan Kegiatan Memasak Bunda! – DuniaMasak
  2. Trackback: Hai Bunda, Ini Lho 7 Peralatan Dapur Modern yang Memudahkan Kegiatan Memasak Bunda! – DuniaMasak

Yuk bahas artikel ini!