Penderita Tipus Konsumsilah Makanan Ini Agar Cepat Pulih

Makanan yang tepat untuk penderita tipus ala duniamasak via resepkoki.id

Mengalami gejala tipus seringkali dialami oleh para pekerja lho! Dikarena kan terlalu lelah dan juga faktor lain seperti makanan yang dikonsumsi. Penyakit ini memang sering muncul tanpa disadari. Bagi kamu para penderita tipus, hati-hati dalam mengonsumsi sesuatu. Nah berikut adalah makanan yang tepat untuk pemulihan bagi penderita tipus. Simak ya!

Penderita Tipus: Sebaiknya Konsumsi Makanan Berikut Ini

Bubur sebagai makanan pemulih penderita tipus via notepam.com

Bubur sebagai makanan pemulih penderita tipus via notepam.com

1. Bubur

Bubur merupakan salah satu makanan untuk penderita tipus yang paling banyak direkomendasikan. Mengingat teksturnya yang halus dan mudah dicerna sehingga tidak memberatkan kerja sistem pencernaan, terutama usus. Agar lebih menggugah selera, sajikan bubur dengan kaldu ayam, kecap manis, kacang kedelai dan sedikit suwiran dada ayam rebus.

Baca lainnya  Makanan yang Harus Dihindari Jika Ingin Kulit Sehat dan Cerah

2. Nasi

Apabila kamu kurang selera dengan menu bubur yang disajikan, maka tak ada salahnya untuk mengonsumsi nasi. Nasi merupakan jenis karbohidrat sederhana yang tentunya memiliki kalori tinggi sehingga dapat memberikan energi instan bagi penderita agar lebih kuat dalam melawan penyakit tipus. Ada baiknya nasi yang akan disajikan memiliki tekstur yang lebih lembut dari biasanya. Disarankan untuk mengolahnya menjadi nasi tim yang berisi kaldu ayam, telur rebus, jamur merang, bawang putih dan bawang bombay, jahe serta dada ayam yang di potong dadu agar mendapatkan gizi yang lengkap.

3. Kentang Tumbuk

Kentang tumbuk atau mashed potato sangat pas bila disajikan sebagai menu makanan untuk penderita tipus. Di dalam kentang tumbuk terdapat beberapa nutrisi atau gizi penting yang bisa didapatkan dari bahan dasarnya seperti susu, beberapa sayuran dan rempah serta dari kentang sendiri yang mengandung karbohidrat tinggi. Apalagi kentang tumbuk bisa diolah menjadi berbagai macam bentuk olahan makanan lezat. Bagi kamu yang mengalami keadaan fisik kurang fit bisa mengolahnya dengan berbagai macam bentuk makanan sehat.

Baca lainnya  Tips Memasak Spaghetti Lezat dan Bikin Ketagihan!

4. Puding

Agar menu makanan penderita tipus lebih bervariasi, masukkan puding ke dalamnya. Puding memiliki tekstur yang lembut serta mudah dicerna. Kandungan gula pada puding juga dapat dijadikan sumber tenaga, terlebih bila puding diolah dengan susu dan campuran buah seperti cranberry atau alpukat. Selain dapat mengundang nafsu makan, nutrisnya pun sangat bermanfaat bagi penderita.

Nah, bagaimana sahabat duma? Konsumsi makanan di atas agar cepat pulih dari penyakit tipus ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!