Sarapan yang Cocok Agar Tidak Ngantuk di Kantor

Share artikel ini:

Pagi hari merupakan waktu paling menyegarkan jika kita memanfaatkan waktu istirahat di malam hari dengan efisien. Namun, rasa ngantuk akan terus datang jika kita melakukan beberapa hal yang salah nih sahabat Duma! Mengantuk disebabkan oleh berbagai macam faktor. Kekurangan maupun kelebihan makan dan tidur juga dapat menyebabkan kantuk lho. Maka dari itu, sarapan menjadi perhatian penting nih.

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Hardinsyah, mengatakan bahwa rasa kantuk setelah sarapan bukan karena proses masuknya makanan di dalam perut. Jika kebanyakan mengkonsumsi karbohidrat, hal itu memungkinkan kita mudah mengantuk. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk makan dengan porsi yang pas, tidak berlebihan.

Masalah terbesar bagi kita para pekerja adalah mengantuk saat di kantor. Apalagi dengan jadwal padat di kantor, seperti harus bertemu klien, dan dikejar deadline. Beberapa orang mencegah dan mengobatinya dengan kopi. Namun, kopi bukanlah pilihan yang tepat sebab bisa menyebabkan masalah lambung bagi sebagian orang.

Sebaiknya kamu sarapan beberapa pilihan dari DuniaMasak berikut agar kantukmu hilang saat di kantor. Simak yuk!

Sarapan yuk via www.sehatfresh.com

Sarapan yuk via www.sehatfresh.com

Pentingnya Sarapan Pagi

Yang pasti sarapan jangan sampai dilupakan. Tidak sarapan bukan berarti akan membuat kamu melek. Karena jika perut kosong dan kurang makanpun akan membuat kita mengantuk.  Pada dasarnya tubuh justru membutuhkan asupan tenaga di pagi hari. Sehingga bila kamu tidak sarapan justru akan mengantuk. Sarapanlah dengan porsi yang cukup. kamu juga bisa mengganti sarapan dengan 2-3 gelas jus buah kombinasi yang diminum dalam jangka waktu 3 jam sejak sarapan.

Beralih ke Cemilan Buah

Makan buah via vemale.com

Makan buah via vemale.com

Buah merupakan makanan yang cocok untuk pilihan sarapanmu sahabat duma! Kamu bisa mencoba sarapan buah seperti apel, pir, dan pisang. Ngemil buah lebih memberikan asupan sehat dan tentunya akan menjaga kondisi lambungmu agar tidak terlalu kenyang. Selain ringan, vitamin yang dikandung buah bisa menjaga tubuh kita mendapatkan suplai nutrisi yang diperlukan sebagai tenaga untuk bekerja.

Baca lainnya  Fakta Dibalik Keju Gouda yang Lezat

Minum Air Putih

Minum air putih bisa membantu menyegarkan tubuh. Pikiran pun ikut segar, dan kamu siap untuk memulai pekerjaanmu.  Selain minum air putih, sesekali carilah kesempatan untuk bergerak dengan ke toilet atau menghirup udara segar. Kebiasaan ini akan membuat kamu terhindar dari kantuk.

Makan Siang Anti Ngantuk

Selain menu sarapan yang telah dijelaskan di atas, kamu harus memperhatikan menu makan siang nih sahabat duma! Nah, makan siang adalah waktu dimana kita harus kontrol porsi nih sahabat Duma! Sebab makan siang adalah momen dengan kemungkinan besar membuat kita ngantuk. Oleh karena itu, jaga asupan makanan agar tidak berlebihan dan menyebabkan kenyang. Makanan yang ideal untuk makan siang adalah karbohidrat dengan sayuran atau sayuran dengan lauk pauk. Pola makanan seperti ini akan meringankan beban pencernaan dan menghindarkan kita dari kantuk.

Baca lainnya  Cobain Aneka Olahan Roti Tawar Ini Agar Tidak Cepat Bosan

Makanan Pedas

Siapa takut pedas? via www.daunapi.com

Siapa takut pedas? via www.daunapi.com

Bagi kamu para pecinta pedas, makanan pedas sangat cocok untuk dikonsumsi agar terhindar dari kantuk. Konsumsi sedikit makanan pedas bisa membantu menyalakan kembali semangat. Namun kamu jangan mengonsumsi terlalu banyak karena bisa membahayakan pencernaan.

Bagaimana sahabat Duma? Kamu masih mengantuk saat di kantor? Bye Kantuk dengan ikuti tips dari duniamasak di atas ya! Semoga membantu!

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!