Saringan Kopi Mana Yang Lebih Baik, Kertas Atau Logam?

Saringan kopi kertas logam via freepik ala duniamasak

Bagi para pecinta kopi, lebih suka untuk mengolah sendiri di rumah atau membeli kopi instan? Tentu sensasi dalam menikmatinya pun akan berbeda. Jika menyeduh sendiri, pasti akan memerlukan peralatan dan perlengkapan kopi yang baik agar kopi yang disajikan menjadi lebih lezat. Salah satu alat yang dibutuhkan adalah saringan kopi. Terdapat dua jenis saringan kopi yang bisa digunakan antara lain saringan kertas dan saringan logam. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Saringan Kertas vs Saringan Logam

Saringan kertas vs saringan logam via freepik ala duniamasak
Saringan kertas vs saringan logam via freepik ala duniamasak

Dari segi material, sesuai namanya saringan kertas terbuat dari kertas. Saringan ini memiliki dua jenis yaitu kertas berwarna putih dan kertas berwarna kecoklatan. Saringan kertas biasanya digunakan untuk alat seduh manual seperti Aeropress, Bonavita Drip, Chemex, Kalita Flat Bottom, Kalita Wave, V60, dan Melitta. Untuk ukuran saringan kertas juga tersedia dalam berbagai macam dimensi. Sedangkan, untuk saringan logam dibuat dari material logam atau stainless steel bahkan ada juga yang terbuat dari metal serta emas. Saringan ini mempunyai lubang di bagian bawahnya untuk proses penyeduhan. Alat seduh yang biasanya menggunakan saringan logam adalah tergantung dari ukurannya yang disesuaikan dengan coffee dripper seperti Chemex, Pour Over V60, dan Aeropress. Faktanya, ukuran dan bentuk dari saringan kertas maupun logam, bisa disesuaikan dengan alat seduh atau coffee dripper yang digunakan dan tergantung kebutuhan. Untuk saringan logam, meskipun beragam material dan ukuran namun semua tetap mempunyai lubang microscopic yang kurang lebih sama.

Baca lainnya  Kesalahan Fatal Menggunakan Kulkas Rumah Tangga

Sebenarnya, perbedaan saringan kertas dan saringan logam juga bisa terlihat dari cita rasa kopi yang dihasilkan. Untuk saringan kertas, bisa menghasilkan cita rasa bawaan saringan untuk kopi yang diseduh. Material bahan kertas dinilai dapat menyerap minyak pada kopi sehingga menghasilkan rasa kopi yang lite. Contohnya dalam beberapa merek saringan, ada yang bisa memberikan hasil kopi dengan tekstur ringan dan aroma yang ringan pula bahkan harum. Terdapat juga saringan kertas yang berwarna kecoklatan yang bisa memberikan sensasi aroma citrus di tegukan pertama sehingga seduhan kopi terasa nikmat. Di sisi lain, saringan logam tidak membawa cita rasa bawaan dari saringan sehingga dapat menghasilkan kopi dengan cita rasa yang sesungguhnya. Penyeduhan dengan menggunakan saringan logam umumnya akan menghasilkan kopi yang lebih gelap dan terdapat endapan kopi pada gelasnya. Untuk tekstur yang dihasilkan oleh saringan ini adalah kopi yang strong serta sedikit berminyak.

Baca lainnya  Menu Favorit untuk Pesta Ulang Tahun yang Tidak Boleh Dilewatkan

Dari segi harga pun tentunya sangat berbeda. Saringan kertas jauh lebih terjangkau dibandingkan saringan logam. Namun, bisa dibilang terkadang harga juga menentukan nilai ekonomisnya. Saringan logam lebih awet dan tahan lama untuk jangka waktu yang panjang bahkan sampai 7 tahun. Saringan logam nyatanya lebih ramah lingkungan karena bisa digunakan berkali-kali. Sedangkan saringan kertas akan cepat habis secara berkala tergantung pada skala pemakaiannya. Tidak dapat dipakai dalam jangka waktu lama dan biasanya akan langsung dibuang ketika kertasnya sudah rusak. Saringan kertas cocok bagi penikmat kopi yang suka dengan esensi kesederhanaan dan bagi yang suka travelling karena praktis bisa sekali pakai langsung buang.

Jadi, manakah yang lebih baik? Tips dari Duniamasak adalah jika sering meminum kopi setiap hari, disarankan untuk memakai saringan logam. Jika ingin yang praktis sekali pakai langsung buang, bisa memakai saringan kertas. Sesuaikanlah dengan kebutuhan dan happy brewing!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!