Susu Emas Khas India Dengan Beragam Khasiat

Susu emas via freepik ala duniamasak

Susu adalah minuman bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia. Susu bisa dibilang merupakan sumber asupan serta gizi utama bagi bayi yang belum bisa mencerna makanan padat. Namun, hingga dewasa pun masyarakat masih mengonsumsi susu karena memiliki banyak manfaat yang berguna bagi tubuh manusia. Susu juga memiliki beragam jenis seperti susu sapi, susu kambing, susu kedelai, dan lainnya. Kali ini, Duma akan membahas salah satu jenis susu yang unik dan jarang sekali dibahas yaitu susu emas.

Susu Emas

Susu emas dengan kayu manis dan madu via freepik ala duniamasak
Susu emas dengan kayu manis dan madu via freepik

Susu emas atau golden milk (turmeric milk) atau dalam bahasa India disebut haldi doodh adalah minuman tradisional khas India yang dibuat dengan kunyit sehingga memberikan warna kuning keemasan. Untuk membuat susu ini, perlu menyediakan susu hangat lalu ditambahkan kunyit, kayu manis, jahe, dan bisa juga dicampur rempah-rempah lainnya. Pada awal golden milk ini ditemukan, ternyata kunyit tidak hanya dicampur dengan susu saja. Masyarakat India biasa mencampurkan kunyit dengan teh panas, madu, atau hanya dengan air panas lalu akhirnya dengan susu. Susu emas ini menjadi populer dikarenakan mempunyai berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan oleh tubuh. Mari simak susu emas khas India dengan beragam khasiat ini:

Baca lainnya  Berbagai Macam Teknik & Cara Pengolahan Kue Ala Tim Duma

Mengandung Antioksidan

Kunyit adalah salah satu bahan utama yang digunakan untuk membuat susu emas. Kunyit mengandung zat curcumin yang kaya akan antioksidan dan berguna bagi tubuh serta sudah digunakan dalam berbagai pengobatan di berbagai negara Asia. Antioksidan dapat membantu melawan kerusakan sel dan melindungi tubuh dari polusi. 

Mengandung Anti-Inflamasi

Kunyit yang terkandung dalam susu emas menjadikan minuman ini menjadi sehat bahkan menjadi obat bagi berbagai penyakit. Kandungan anti-inflamasi di dalamnya dapat membantu mengurangi pembekakan bahkan mengurangi rasa sakit dan nyeri pada peradangan persendian. Menurut para ahli, manfaat susu emas bisa disamakan dengan ibuprofen yang bisa disebut obat dengan fungsi yang mampu meredakan nyeri untuk berbagai kondisi seperti sakit kepala sampai nyeri otot.

Mengandung Phospholipids

Selain kunyit, salah satu bahan utama susu emas atau turmeric milk ini adalah susu itu sendiri. Susu yang digunakan ini mengandung zat yang disebut phospholipids. Zat ini berguna membantu tubuh untuk dapat menyerap kandungan yang terdapat dalam kunyit. Sebuah penelitian mengatakan bahwa produk olahan susu telah terbukti mengandung protein yang tinggi dan diyakini bisa membantu penurunan berat badan.

Baca lainnya  Makanan-makanan Sebagai Obat Untuk Penderita Asam Lambung

Meningkatkan Mood

Tidak hentinya bahwa zat curcumin pada kunyit juga dapat membantu meningkatkan mood manusia yang mengonsumsinya secara teratur. Sebuah penelitian kecil mengatakan bahwa zat ini dapat membantu mengurangi gejala pada gangguan depresi berat. Golden milk ini bisa menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan mood.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidak hanya penduduk India, namun masyarakat Indonesia pun biasanya menyantap minuman dengan kunyit sebagai obat untuk melawan pilek sehingga diyakini dapat menambah daya tahan tubuh. Zat curcumin di dalam kunyit memiliki sifat antibakteri dan antivirus sehingga bisa membantu dalam melawan infeksi dengan lebih baik.

Meningkatkan Memori dan Fungsi Otak

Tenyata, kandungan zat curcumin pada kunyit bisa meningkatkan jumlah faktor neurotropik atau BDNF dari otak. BDNF adalah senyawa yang membantu otak untuk membentuk koneksi baru dan mendorong pertumbuhan sel-sel otak. Jadi, dengan mengonsumsi susu emas ini dapat meningkatkan memori dan fungsi otak.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!