Tahukah Kamu Perbedaan Mentega dan Margarin?

Perbedaan mentega dan margarin untuk membuat kue via freepik ala duniamasak

Saat membuat kue, banyak alat dan bahan yang perlu dipersiapkan. Mulai dari alat pembuatnya yaitu pengocok adonan, oven, loyang hingga bahan-bahan dasar membuat kue seperti tepung, gula, telur, dan juga mentega. Namun, tahukah kamu perbedaan mentega dengan margarin? Seringkali, banyak orang sulit membedakan bahan tersebut karena warnanya hampir sama yaitu kuning dan teksturnya juga mirip. Lalu, dimanakah letak perbedaannya? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Perbedaan Mentega dan Margarin

Perbedaan mentega dan margarin via freepik ala duniamasak
Perbedaan mentega dan margarin via freepik

Karakteristik

Sebenarnya, kegunaan mentega dan margarin bisa saling menggantikan satu sama lain namun ternyata dalam beberapa aspek ada perbedaan yang mencolok. Seperti dalam hal cita rasa, butter memiliki aroma khas yang lebih wangi dan rasa yang lebih gurih dibandingkan dengan margarin. Untuk tekstur, butter lebih lembut dan lebih mudah meleleh daripada margarin. Margarin cenderung lebih stabil pada suhu ruangan.

Baca lainnya  Teknik Memanggang yang Harus Kamu Perhatikan

Fungsi

Hal tersebut juga akan berpengaruh kepada tekstur kue yang akan dibuat. Kue yang memakai margarin, pasti akan mempunyai tekstur yang lebih kokoh. Namun, penggunaan mentega pada kue juga bisa menciptakan kue yang lebih lembut walaupun kue sudah didiamkan hingga dingin. Karena perbedaan tersebut, terkadang juga ada beberapa resep kue yang menggabungkan butter dan margarin agar menghasilkan kue yang kokoh namun lembut dengan rasa yang gurih.

Harga

Untuk mendapatkan tekstur yang lembut, tentu ada harga yang harus dibayar. Mentega memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan margarin. Mengapa demikian? Karena bahan baku keduanya pun berbeda. Jadi, bisa diakali tergantung jenis kue apa yang akan kamu buat. Bisa dengan margarin saja sudah enak, namun ada juga kue yang perlu ditambahkan butter agar rasanya lebih gurih.

Baca lainnya  Apa Sih Perbedaan Panci Presto Dengan Slow Cooker?

Demikian perbedaan mentega dan margarin ala Duniamasak.com! Menurutmu, mana yang lebih cocok dipakai untuk kue kering ataupun kue basah? Jangan lupa tuliskan di kolom komentar ya. Dan juga, adakah rekomendasi merk butter dan margarine favoritmu? Siapa tahu bisa tim Duniamasak.com bantu untuk buatkan list dan review-nya di artikel selanjutnya ya 😀

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *