Tips Mengukus Menggunakan Panci Steamer Agar Makanan Sempurna

Mengukus Menggunakan Panci Steamer via dok foodnetwork.com
Sebagaimana yang kita tahu, banyak makanan/kue dibuat dengan cara dikukus. Tapi kita sering tidak memahami bagaimana tips mengukus agar terhindar dari hasil makanan/kue kita tidak mulus: tidak mengembang dan bahkan menjadi basah.  Yuk simak dan cermati trik dan tips mengukus agar masakanmu sempurna!

Tips Mengukus yang Benar Sahabat Duma Wajib Tahu!

Tips Mengukus dengan Steamer via pixabay.com

Tips Mengukus dengan Steamer via pixabay.com

Mengukus adalah salah satu teknik yang banyak dikenal untuk mematangkan makanan dengan menggunakan uap air yang mendidih. Kita bisa menggolongkannya dalam kategori moist cooking method, alias memasak dengan menggunakan cairan atau uap air. Makanan atau kue hasil kukusan biasanya lebih lembap dan lembut.
Prinsipnya, makanan tidak boleh bersentuhan langsung dengan air mendidih. Hal itulah kenapa kukusan selalu memiliki pembatas semacam saringan/tapis untuk menjaga makanan tak bersentuhan dengan air.

Demi hasil yang memuaskan: pelajari tips mengukus berikut!

1. Isi panci pengukus dengan air tapi jangan sampai menyentuh tapis/saringan. Biasanya panci pengukus punya batas, biarkan air berjarak sekitar 2 cm gitu deh. Tujuannya agar saat air mendidih, luapannya tidak mengenai makanan yang berada di atas saringan/tapis. Meski makanan/kue termasuk matang dengan cepat, pastikan airnya tetap banyak agar uap panas maksimal dan hasil kukusanmu sempurna.
2. Oiya tips mengukus untuk makanan/kue yang membutuhkan waktu lama dalam pengukusan, kadang kita harus menambahkan air kukusan. Tambahkan air yang mendidih juga. Jadi, didihkanlah air di tempat yang berbeda, dan tuangkan saat mendidih ke dalam kukusan. Sebaiknya jangan menambahkan air dingin karena akan menurunkan suhu secara tiba-tiba, sebab akan mempengaruhi hasil.
3. Pastikan air dalam panci pengukus sudah mendidih dan bergolak sebelum makanan dimasukkan. Bila air dalam panci pengukus belum mendidih, kue kadang bantat dan tidak mengembang. Usahakanlah agar makanan yang dikukus memiliki ukuran sama besar agar matang bersamaan. Beri ruang/jarak antara makanan yang cukup agar uap panas naik dan efektif mematangkan makanan.
4. Tutup rapat panci pengukus. Bila tidak rapat, uap panas akan menghambat pematangan. Bungkus tutup panci dengan kain/serbet agar uap air yang biasanya membasahi tutup kukusan tidak jatuh ke kue dan mempengaruhi penampilannya.
Nah, dengan memahami tips mengukus dengan benar, semoga hasil makanan/kue yang kamu buat jadi lebih cantik dan sempurna ya! Happy cooking!
Baca lainnya  Apa Sih Perbedaan Rice Cooker, Magic Com, dan Magic Jar? Berikut Penjelasannya!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!