Tips Merawat Mixer Agar Awet Dan Tahan Lama

Tips merawat mixer via freepik ala duniamasak

Mixer atau yang bisa disebut dengan pengaduk adalah peralatan yang digunakan untuk mencampur bahan adonan dan biasanya dalam pembuatan kue. Alat ini juga umumnya digunakan untuk membantu dalam mengembangkan adonan. Seringkali, banyak orang yang kurang menjaga kebersihan dari mixer sehabis digunakan setelah memasak. Misalnya, sisa bahan adonan masih menempel pada mixer sehingga bisa menimbulkan bau tidak sedap bahkan bisa sampai berkarat. Maka dari itu, Duma ingin memberikan tips merawat mixer agar senantiasa bisa awet dan tahan lama untuk digunakan dalam kurun waktu jangka panjang. Simak tipsnya di bawah ini:

Tips Merawat Mixer

Tips merawat mixer kue via freepik ala duniamasak
Tips merawat mixer via freepik

Cabut Kabel Listrik

Tentunya, tahap pertama untuk merawat mixer agar awet adalah membersihkannya dengan baik dan sempurna. Sebelum membersihkan, cabutlah kabel listriknya dan pastikan dengan tangan kering. Mengapa perlu demikian? Karena air bisa menghantarkan listrik ke tangan dan pastinya jika ingin membersihkan mixer akan menggunakan air sehingga seluruh alat elektronik harus dijauhkan terlebih dahulu agar tidak tersetrum.

Baca lainnya  Teknik Memanggang yang Harus Kamu Perhatikan

Lepaskan Bagian Mixer Secara Terpisah

Jika menggunakan stand mixer lengkap, sebaiknya setelah digunakan langsung pisahkan mangkuk, pengocok, badan, dan leher mixer untuk dibersihkan. Letakkan pengocok dalam mangkuk mixer agar sisa adonan tidak menetes ke dapur kemudian taruh di bak cuci piring.

Rendam Dengan Air Panas dan Sabun

Setelah diletakkan di bak cuci piring, isi mangkuk dengan air hangat dan berikan sabun agar kotoran sisa adonan cepat lepas dari bagian mixer. Larutan pembersih juga bisa ditambahkan jeruk nipis agar menambah keharuman dan kesegaran. Langkah selanjutnya, ambil spons lembut lalu gosok permukaan mangkuk dan pengocok. Perlu diingat bahwa jangan menggunakan spons kasar berkawat karena akan menggores permukaan mixer. Setelah dicuci, keringkan bagian mixer dengan kain lembut lalu simpan kembali dengan aman.

Baca lainnya  Selain Wortel Ungu, Ternyata Banyak Sayuran Berwarna Ungu Lainnya Lho!

Bersihkan Dengan Kain Basah

Jika tadi sudah membersihkan mangkuk dan pengocok, sekarang giliran badan dan leher mixer. Memang bagian tersebut pasti kelihatan bersih namun biasanya akan sedikit terkena cipratan adonan dan mungkin akan menempel. Cara membersihkannya mudah sekali. Cukup lap bagian badan dan leher mixer dengan kain basah. Perlu diingat bahwa sebaiknya memeras kainnya terlebih dahulu agar air tidak menetes ke mesin mixer. Akan lebih baik lagi jika menggunakan kain yang daya serapnya tinggi sehingga pembersihan mixer akan lebih mudah sekaligus cepat kering.

Demikian tips merawat mixer agar awet dan tahan lama. Jangan lupa sebelum menyimpan bagian-bagian mixer, pastikan semuanya dalam keadaan kering ya. Semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!